Uncategorized · Wordpress

Langkah-langkah mudah membuat Website dengan WordPress untuk pemula

cara-membuat-website-gratis-di-wordpress.jpgSebelum membahas lebih lanjut kita harus tahu dahulu apa itu wordpres. Menurut wikipedia

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemprograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS(Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Belajar membuat website sangat mudah, dan semua orang bisa membuatnya meskipun tidak begitu tahu tentang bahasa pemprograman. Bagi orang-orang yang ingin belajar cara membuat website, WordPress adalah pilihan terbaik.Hampir tidak ada pemilik website yang tidak kenal WordPress. Alasannya karena gratis, fiturnya tidak terbatas, dan proses belajarnya sangat mudah. Bahkan kalau anda belum pernah memegang komputer sebelumnya pun anda akan bisa membuat website dalam 5 menit.

inilah alasan utama kenapa website-website besar menggunakan WordPress:

  1. Dengan WordPress, kita tidak perlu membangun website dari nol sehingga banyak waktu dan tenaga yang bisa dihemat
  2. WordPress bisa dimodifikasi secara bebas dan tanpa batas sesuai kebutuhan si pemilik website, baik secara tampilan maupun fitur
  3. Banyak theme dan plugin yang tersedia sehingga anda bisa mengubah tampilan dan dan menambahkan fitur meskipun tidak paham sedikit pun tentang programming
  4. Proses belajarnya sangat mudah
  5. WordPress terus dikembangkan dan diperbaharui oleh jutaan programmer di dunia
  6. WordPress punya komunitas pengguna terbesar. Kalau anda mengalami kesulitan, jawabannya bisa ditemukan dengan mudah di internet

Dengan alasan-alasan tersebut, sejak 2003 sampai sekarang WordPress tetap menjadi CMS yang paling populer.Pada awalnya, WordPress hanya digunakan untuk membuat blog. tapi sekarang WordPress juga sering digunakan sebagai website dengan fungsi lain, misalnya situs komunitas, jual beli, direktori, portfolio, profil perusahaan, dan lain-lain.

Mengenai jenis WordPress itu sendiri, ada 2 versi, yaitu:

  1. WordPress Instan (WordPress.com)
  2. WordPress Instal (WordPress.org)

Secara pengertian, WordPress.org merupakan layanan self hosted, sedangkan WordPress.com merupakan layanan hosted.

Supaya mudah dipahami, kita ibaratkan seperti tempat tinggal:

Self hosted itu ibarat rumah pribadi. Rumah yang sepenuhnya milik anda sendiri, di tanah sendiri, dan bukan milik orang lain.Sedangkan hosted itu seperti apartemen. Tanahnya bukan milik anda, anda hanya punya sebuah unit di sebuah apartemen tersebut. Apartemennya milik orang lain.

 

 

Cara singkat membuat Blog gratis di WordPress.com

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1). Klik link ini >> www.WordPress.com. Setelah terbuka, nanti akan muncul form seperti gambar dibawah ini. tinggal klik Creat Website

Capture1.PNG

2. Pilih kategori atau tema website yang akan anda buat, karena disitu ada beberapa kategori mulai dari helth and wellness dll. sesuaikan dengan bidang usaha atau kebutuhan yang anda butuhkan.

Capture2

3. Pilih tema yang sesuai keinginan. Ada beberapa pilihan tema yang bisa dipilih.

Capture3

4. Ketik domain yang nantinya akan anda gunakan sebagai alamat website anda. Pilihlah nama blog Anda pada kolom tersebut, nantinya nama ini adalah alamat yang akan digunakan oleh orang lain untuk mengunjungi. kalau yang gratis belakangnya pasti akan ada tambahan {wordpres.com}. kalau yang berbayar langsung pakai {.com}seperti contoh gambar di bawah.

Untuk informasi saja, nama blog ini hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja, sehingga jika ketika Anda sudah memasukkan nama blog tetapi WordPress menolaknya, dimungkinkan sudah ada pengguna yang menggunakan nama blog yang hendak Anda masukkan tadi. Untuk itu, cobalah nama lain dan cari yang sedikit unik, sehingga bisa diterima oleh pihak WordPress.kemudian klik select.

Capture4

Capture5

5. karena kita buat yang free, maka yang di klik adalah yang free. Klik select free plan

Capture6

6. masukkan email,username, dan pasword. ini akan selalu Anda gunakan ketika hendak masuk ke halaman panel kontrol blog WordPress milik Anda. pastikan Anda menggunakan alamat email yang aktif, dan sering Anda buka. Karena WordPress akan mengirimkan konfirmasi pendaftaran yang dikirimkan melalui email tersebut. Jika Anda belum punya email, mohon buatlah email terlebih dahulu

untuk kolom Username, pilih nama pengguna yang Anda sukai. Mohon untuk diingat baik-baik, jangan sampai lupa, karena nama pengguna ini sifatnya eksklusif dan hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja. Jika username pilihan Anda ditolak, cari nama lain hingga diterima.

Capture8

7. Kalau sudah di klik Creat my  Account Sekarang buka email yang tadi Anda gunakan untuk registrasi di WordPress.com. Klik link aktivasi di email Anda. Jika Anda tidak menemukan email dari WordPress, coba cari di folder spam atau bulk email. Ini contoh email yang dikirimkan oleh WordPress.

cara-membuat-wordpress-9

8. nah kalau email anda sudah di konfirmasi maka akan muncul seperti di bawah ini dan blog anda sudah siap untuk di gunakan, di isi,dan di edit sendiri sesuai kebutuhan.

Capture7

ingat! Yang terpenting adalah Anda harus membuka email dan melakukan konfirmasi bahwa Anda telah mendaftar di WordPress.com. karena di bagian ini orang sering terlewatkan atau bahkan lupa.

Menyewa hosting dan domain

Sebelum bisa menginstall WordPress, anda harus punya tempatnya dulu: hosting dan domain.

Pengertian sederhananya seperti ini:

Hosting atau web hosting adalah tempatnya website anda ditaruh. Semua file-file yang berhubungan dengan website ditaruh di hosting.Sedangkan domain adalah alamatnya.Untuk bisa mengakses website anda, maka orang-orang akan mengetik nama domain anda di browsernya. Contohnya nama domain blog saya ini adalah panduanim.com.

Rekomendasi hosting

Ada banyak penyedia layanan hosting dan domain.Supaya anda tidak bingung, ini beberapa rekomendasi layanan hosting Indonesia yang saya rasa cocok untuk pemula:

Ketiganya memberikan domain gratis kalau kita menyewa hosting.

Kalau anda ingin membuat website berbahasa Inggris untuk target pengunjung luar negeri, maka hostingnya harus yang berbasis di Amerika.Ini layanan hosting luar negeri yang cocok untuk pemula:

Sebelum kita lanjut, hati-hati… di internet ada banyak orang yang tidak jelas asal-usulnya menawarkan layanan hosting murah.

Sebaiknya anda tidak membeli dari orang yang tidak jelas.Hosting ini pengaruhnya ke kualitas dan kecepatan akses website anda. Kalau anda membeli hosting yang tidak jelas, website anda akan banyak gangguan.

 

Instalasi WordPress dengan Softaculous

1. Buka namadomain.com/cpanel

Masuk ke alamat CPanel anda. Lalu masukkan username dan password yang diberikan saat membeli hosting.

Disinilah semua tool ajaib untuk mengelola hosting anda berada.

Tampilan CPanel di hosting anda mungkin akan berbeda dari yang ada di video di atas, tapi caranya tidak akan berbeda jauh.

2. Cari aplikasi bernama Softaculous

Softaculous adalah aplikasi untuk menginstall berbagai platform website, salah satunya adalah WordPress.

Dengan Softaculous, kita bisa menginstall WordPress dalam 2x klik.

Setelah ketemu Softaculous, cari Wordpress lalu klik Install.

Kalau tidak ada, anda juga bisa menggunakan Fantastico. Kalau tidak ada juga, ikuti panduan instalasi lewat FTP di bawah.

3. Isi informasi yang diminta oleh Softaculous

Lihat gambar ini kalau anda bingung:

Pengaturan-instalasi-wordpress-di-softaculous.png

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s