Content Marketing

Memahami Content Marketing

konten marketing

Perbedaan pemasaran tradisional dan Content marketing.

Dalam pemasaran tradisional, kita menjangkau keluar untuk mencari customer. Entah itu dengan memasang iklan yang banyak dilihat, door to door, dan sebagainya. Ini tentunya memakan biaya besar.

Sebaliknya, dengan content marketing, mereka lah yang akan mencari anda. Content marketing adalah strategi pemasaran dimana kita merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi kustomer.

Content marketing sudah dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki bagian pemasaran yang terhebat di dunia, termasuk misalnya P&G, Microsoft serta juga Cisco Systems.

Para thought leaders dan ahli pemasaran dari seluruh dunia, termasuk Seth Godin serta ratusan lainnya telah menyimpulkan bahwa content marketing bukanlah hanya masa depan, namun juga hari ini. Mari kita simak video tentang sejarah dari content marketing ini:

 

 

Content marketing bukan hanya tentang mempromosikan konten

Content marketing bukan cuma tentang promosi. Melainkan juga mencakup proses perencanaan, pembuatan, dan analisanya dan tidak hanya itu.Dalam pemasaran kita mengenal istilah marketing funnel atau purchasing funnel. Tahapan yang dilalui oleh seorang calon customer mulai dari pengenalan hingga pembelian. Berikut skemanya.

Conten marketing bukan berarti konten yang berisi marketing (atau penjualan)

Artinya, dalam content marketing kita akan menyediakan konten untuk masing-masing tahap dalam marketing funnel.

Contohnya seperti ini:

  1. Awareness: Sediakan konten yang menyelesaikan permasalahan besar dari orang-orang yang menjadi target pasar anda, tanpa unsur penjualan sama sekali. Tujuannya untuk menarik perhatian mereka dan meningkatkan reputasi anda di mata mereka.
  2. Evaluation: Berikan konten mengenai permasalahan yang lebih mendalam dan jelaskan bahwa produk/layanan anda adalah solusi utamanya.
  3. Purchase: Dalam tahap ini barulah anda membuat konten yang bisa memancing penjualan.

Hanya sebagian kecil yang berisi penjualan. Bandingkan: ada sebuah bisnis yang tidak memiliki strategi pemasaran konten. Mereka hanya membuat konten yang isinya tentang produk/layanan mereka sendiri. akibanya pembaca tidak akan tertarik untuk membelinya.

Jadi content marketing bisa memberikan 3 hasil bagi anda:

  1. Mendapatkan calon kustomer baru
  2. Membangun rasa percaya
  3. Meningkatkan penjualan

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s