Copywriting

Formula AIDA untuk Meningkatkan Penjualan

Menggunakan Ramuan AIDA dalam copywriting. Apasih aida? yang pasti ini bukan nama tetangga anda atau mantan anda. Aida singkatan dari:

  • Attention
  • Interest
  • Desire
  • Action

Bukan sulap, bukan sihir,dengan menggunakan formula AIDA, anda bisa mengubah sebuah halaman kosong di layar komputer anda menjadi sesuatu yang bisa menarik perhatian sampai membuat orang lain mengambil tindakan.Itulah mengapa AIDA sering dikaitkan dengan copywriting. Meskipun identik dengan copywriting, tapi anda juga bisa menggunakan formula ini untuk membuat tulisan apapun supaya menarik. langsung saja kita bahas satu persatu.

Ttulisan/copy yang kita buat harus mampu segera menangkap perhatian pembaca.kita harus bisa menangkap perhatian pengunjung dalam waktu 8 detik atau kurang. Gila kan,,1 kedipan aja rata-rata 4detik. Artinya kalimat-kalimat yang anda susun selama berhari-hari akan ditentukan dalam 2 kali kedip.

Lalu bagaimana cara kita menarik perhatian mereka?

  • Judul/headline
  • Gambar
  • Kalimat-kalimat pembuka

3 elemen itulah yang paling harus anda perhatikan. Untuk bisa menangkap perhatian mereka ke 3 elemen tersebut, ini tipsnya:

  1. Berikan apa yang buyer persona anda pedulikan terkait bisnis anda
  2. Sajikan solusi dari permasalahan utama dari buyer persona anda
  3. Buat mereka merasa “ah itu gua banget

 

Setelah mendapatkan perhatian, langkah selanjutnya adalah membuat mereka tertarik.Untuk memancing interest, Buat mereka sadar dengan besarnya masalah mereka. Untuk memancing interest, cara terbaiknya adalah dengan menyediakan:

  1. Informasi/fakta
  2. Statistik
  3. Studi kasus
  4. Kondisi idealnya
  5. Alasan

Anda juga tidak perlu menggunakan semuanya apabila memang tidak mungkin.

Dalam tahap ini anda akan membuat mereka sangat-sangat-sangat menginginkan produk/layanan anda. Desire mirip dengan interest,bedanya, di sini kita akan lebih banyak bermain dengan emosi dan logika.

Caranya:

  1. Dengan menyebutkan benefits atau manfaat. Jangan salah dalam menuliskan fitur dan manfaat.fitur itu hanya penjelasan dari isi atau komponen yang anda berikan melalui produk/layanan anda. Sedangkan manfaat adalah keuntungan yang bisa mereka rasakan melalui fitur tadi.Di copywriting mindset, kita sudah membahas ini:“Mereka tidak peduli dengan anda, mereka hanya peduli dengan dirinya sendiri”.

    Mereka tidak peduli dengan fitur, kelebihan, resep, spek, komponen dari produk anda. Mereka hanya peduli dengan bagaimana fitur tersebut bisa bermanfaat bagi mereka.

  2. Dengan memancing emosi negatif dan memberikan solusi. Lihatkan ruwet dan ribetnya permasalahan yang sedang mereka hadapi saat ini. Kalau pembaca sudah terbawa emosi tersebut kemudian berikan sebuah solusi yang lebih gampang dan praktis dari semua masalahnya.

Tahapan yang sederhana, mengajak mereka untuk mengambil tindakan. Apapun tindakan yang anda inginkan membeli produk, mendaftar, membuat akun, mendownload, mengirim email, menelepon ungkapkan di bagian ini. Karena itu bagian ini sering disebut call to action (CTA).

Sesuai fungsinya tadi, CTA bisa berupa tombol, nomor telepon, atau alamat email.

Dan disertai harga kalau anda menjual sesuatu.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s