Email Marketing

Memahami Lead Magnet

Depositphotos_6942142_XS-300x225.jpg

Apa itu lead magnet?

Lead magnet adalah sesuatu yang kita tawarkan secara gratis kepada para prospek supaya mereka mau memberikan informasi kontaknya. Kontak yang dimaksud bisa berupa email, nomor telepon, dan/atau alamat. Lead magnet juga sering disebut Opt-in Bribe.

Sederhananya, seperti barter.

Lalu mengapa lead magnet bisa meningkatkan konversi hingga sedemikian besarnya?dalam buku dari Dr. Robert Cialdini yang berjudul “Influence: The Psychology of Persuasion”.ada prinsip seseoarang  yang bisa mempengaruhi seseorang untuk mengambil tindakan. yaitu “Reciprocity” (timbal balik).

Artinya seseorang akan lebih rela untuk memberikan/melakukan sesuatu kepada kita apabila kita yang terlebih dahulu memberikan/melakukan sesuatu kepada mereka.

Apa itu Direct Marketing?

Direct Marketing strategi pemasaran dimana kita bisa menghubungi prospek secara langsung. Bukan dengan memasang spanduk iklan yang diperlihatkan kepada banyak orang sekaligus. Misalnya dengan SMS, telepon, atau surat. Seorang marketer, sudah pasti anda ingin mengeluarkan biaya sekecil-kecilnya untuk mendapatkan pendapatan sebesar-besarnya.

Dengan memiliki kontaknya, maka pemasaran yang kita lakukan bisa berkelanjutan sampai mereka menjadi kustomer atau sampai mereka memutuskan tidak tertarik.di era digital seperti sekarang ini, sarana yang digunakan dalam strategi direct marketing semakin beralih ke email…karena ternyata lebih murah, fleksibel, dan efektif.

Ini beberapa statistik terkait email:

  • Berdasarkan survei BPS, aktivitas email di Indonesia mencapai 95,75% dari pengguna internet (Antara News)
  • Email 40x lipat lebih efektif untuk mendapatkan klien baru daripada Facebook dan Twitter (McKinsey & Company)
  • 81% dari orang yang terbiasa belanja online mengaku bahwa email yang diterima bisa mempengaruhi mereka untuk membeli (eMarketer)

Seberapa besar sih bedanya antara menggunakan lead magnet dan tanpa lead magnet?

Sangat besar, karena dengan lead magnet kita bisa meningkatkan konversi pendaftaran email hingga lebih dari 10x lipat.secara umum ada 3 versi lead magnet

  • optin form
  • Popup, tanpa lead magnet
  • popup yang menggunakan lead magnet

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s