OpenChart/WooCommerce · Uncategorized

Perbandingan OpenChart VS Woocomerce

opncartvs-woocomerce-4
Dunia dagang sdekarang berkembang sangat pesat. salah satu strategi pemasaran yang paling jitu adalah dengan menggunakan media online atau internet. Kalau hanya mengandalkan pemasaran tradisional, maka perkembangannya akan lambat. maka dari itu sekarang kita banyak sekali menjumpai toko-toko online. tujuannya adalah untuk mendongrak penjualan.
Bagaimanakah cara membuat toko online?
Itu akan kita bahas di sesi selanjutnya. disini saya akan membahas dulu perbedaan yang menonjol antara woocomerce dan openchart. untuk membuat toko online itu bisa menggunakan berbagaimacam CMS seperti Prestashop, VirtueMart, OpenCart, WooCommerce (plugin dari WordPress), dan sebagainya. Kali ini, saya akan mengupas dua diantaranya, yaitu OpenCart dan WooCommerce. Dua CMS ini mempunyai penggemar yang banyak, bahkan 10% diantara seluruh website eCommerce menggunakan WooCommerce.
Requirement

opencart-vs-woocommerce-featured-image

PHP5, MySQL 5, dan Apache mendukung OpenCart, dimana banyak hosting dan domain provider telah menyediakan server dengan spesifikasi tersebut, maka OpenCart jalan di banyak provider dan hosting.

WooCommerce merupakan plugin dari WordPress, sehingga sebelum menginstal WooCommerce, diperlukan menginstall WordPress. Saat ini WooCommerce juga kompatible dengan WordPress 4.

Kemudahan Instalasi
Jika dibandingkan dengan OpenCart, maka nilai OpenCart dalam hal instalasi lebih tinggi karena dedicated sebagai CMS toko online sehingga instalasi cukup sekali langkah, bukan plugin seperti WooCommerce yang membutuhkan instalasi WordPress terlebih dahulu.

Banyaknya Plugin
Sebagai CMS eCommerce, keduanya menyediakan plugin yang sama-sama banyak, namun karena WooCommerce merupakan plugin dari WordPress maka cenderung memiliki kelebihan karena dia juga mendukung plugin untuk blogging. Namun ada hal yang menjadi kelebihan dari OpenCart, yaitu banyaknya sistem pembayaran yang didukung. Saat ini OpenCart mendukng lebih dari 20 cara pembayaran.

SEO
SEO menjadi hal penting karena merupakan salah satu teknik untuk mendatangkan traffic yang banyak. Orang cenderung mencari informasi ke Search Engine terlebih dahulu sebelum langsung ke websitenya (dengan catatan brand website tersebut masih belum tinggi sehingga persaingan masih banyak). WordPress sebagai CMS bloggin memiliki dukungan SEO yang baik. Namun tidak berarti bahwa OpenCart buruk untuk SEO, karena kedua-duanya sama sama SEO friendly.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s