Hosting and Domain

Cara Backup Website ke harddisk

Backup data sangat penting, fungsinya agar sewaktu waktu kalau websitenya kena hacker atau masalah lainnya masih punya backupannya (salinannya). kapan kita harus melakukan backup?? terserah dari masing2 orangnya bisa seminggu sekali,sebulan,setahun, dll. kalu saya dalam hal ini paling tidak 2minggu sekali karena untuk mengantisipasi hal2 yang tidak di inginkan. penyedia hosting sebenanrnya juga melakukan update backup namun itu saja tidak cukup agar kita tidak sia2 kelola website. kali ini saya akan berbagi bagaimana cara backup ( menyalin ) data dari website anda lewat cpanel ke harddisck atau yang lainnya.

1. Silahkan ke c panel dan klik gambar backup wizard seperti di bawah ini.

q

2. Setelah itu klik backup. Karena fokus kita backup maka tulisan yang lainnya di abaikan dulu.

qq

 

3. Klik yang full backup. dengan full backup anda akan menyalin keseluruhan situs atau website anda.

qqq

4.Silahkan isikan email kemudian kalau sudah benar silakan pilih “generate backup” lalu tunggu laporannya ke email anda.

qqqq

Setelah laporan diterima di email anda, perika kembali cpanel anda, silakan download hasil backup anda apabila kapasitas hosting anda di bawah 1 gb, lalu simpan ke dalam komputer atau hardisk anda. apabila kapasitas hosting anda besar maka tidak perlu di download, biarkan saja di dalam hosting.

Backup data penting anda dan simpan ke harddisk anda, kalau memungkinkan bisa burning ke media seperti CD atau DVD

Advertisements