Hosting and Domain

Memahami fungsi whois domain dan whois privacy

Fungsi “who is”

Adalah digunakan untuk mendapatkan data informasi domain tertentu seperti nama pemilik domain, ip address, name server,no telepon, alamat email, kapan domain ini di daftarkan dan kapan domain ini akan expired.

Selain mendapatkan informasi suatu domain, whois memiliki kegunaan sebagai berikut :

  1. Mendukung keamanan dan kestabilan dari internet dengan menyediakan informasi kontak yang bisa dihubungi yang berhubungan dengan jaringan, ISP, dan pemilik domain.
  2. Untuk mendapatkan informasi ketersediaan domain. Sehingga jika domain tersedia dalam artian belum diregistrasi oleh orang lain, maka Anda bisa melakukan registrasi atas nama domain tersebut.
  3. Mempermudah penegakan hukum dalam investigasi pelanggaran hukum dalam suatu negara, seperti terorisme, pornografi, perdagangan organ, dan illegal content.
  4. Memfasilitasi pencarian data untuk hak cipta dan merk dagang
  5. Memberikan kontribusi pada kepercayaan pengunjung ketika mengunjungi suatu situs, seperti situs ecommerce ( toko online ), lembaga sosial, atau perusahaan yang menawarkan produk jasa.

Cara mendapatkan informasi whois

Untuk mencari informasi domain tertentu seperti .com, .net atau .org bisa dilakukan dengan mudah. gunakan saja salah satu situs whois seperti domaintools. Masukkan nama domain yang ingin Anda lacak, contohnya namaku.com. Kemudian tekan tombol Lookup. Setelah itu Anda akan mendapatkan informasi whois dari domain yang bersangkutan.

 

Fungsi “whois privacy”

Adalah kebalikan dari whois, yaitu untuk menyembunyikan semua informasi seperti nama pemilik domain, ip address, name server,no telepon, alamat email, dan umur website. biasanya ini di gunakan untuk mengecoh spam dan pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Dengan mengaktifkan layanan whois privacy,kita bisa menyembunyikan/melindungi data-data atau informasi agar data kita tidak disalahgunakan oleh orang lain,seperti pengiriman spam ke email kita.Yang diketahui mereka dari whois domain yang belum di proteksi

cara mengaktifkan whois privacy

Pada umumnya layanan whois privacy ini sudah ada pada manage akun domain yang diberikan oleh register kita. Namun,biasanya kebijakan dari masing-masing register berbeda-beda. Ada yang langsung mengaktifkan layanan tersebut dengan adanya tambahan biaya dan ada juga yang langsung diaktifkan secara gratis. dalam hal ini saya memakai domain name.com dimana di registrar tersebut kalau mau mengaktifkan whois privacy harus ada biaya tambahan.

1. Klik name.com kemudian klik domain dan cari whois privasi kemudian klik.

z

2.Klik add to chart for all domain

zzz

3.Lakukan pembelian  seperti biasa, isi semua formulir pembeliannya kemudian pilih cara pembayaran dan selesai. Kalau lagi ada promo anda bisa mendapatkanya secara gratis atau dengan potongan harga tertentu. cara mendapatkan cupon, seperti yang sidah saya jelaskan di cara mendapatkan kupon gratis.

 

Advertisements