Content Marketing

Faktor pemicu popularitas Content

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memicu popularitas kontent. ada berbagai macam cara dan trik yang bisa dilakukan berikut salah satu contohnya.

*Buat sesuatu yang belum disadari oleh sebagian besar orang.

Kunci dari elemen pertama adalah membuat konten yang isinya belum diketahui banyak orang.Dengan membuat konten seperti ini, banyak orang yang akan membagikan kepada teman-teman mereka.Ini karena mereka ingin dianggap sebagai yang pertama yang tahu soal hal baru.

*Buat penyelesaian masalah.

Kebanyakan manusia mencari informasi itu untuk menyelesaikan masalah. Manusia senang dengan konten yang menyelesaikan permasalahan mereka.Tapi kalau anda membuat konten mengenai penyelesaian masalah yang sudah terlalu sering ditemui penyelesaiannya, maka konten tersebut tidak akan populer.

Tidak perlu 100% baru. Anda juga bisa membuat konten yang menggabungkan lebih dari satu metode yang berbeda. Atau dengan metode yang sama tetapi dengan sedikit langkah tambahan.

*Buat perbandingan 2 atau lebih.

Contohnya perbandingan antara ‘nasi putih’ dan ‘nasi merah’.Kalau artikel anda menyimpulkan nasi merah lebih unggul daripada nasi putih, maka orang yang rutin memakan nasi merah akan memberitahukan artikel anda kepada teman mereka.

*Gunaka gambar untuk menjelaskan

“A picture is worth a thousand words”. Gambar akan mempermudah manusia dalam mencerna isi konten. Tidak hanya itu, gambar juga akan membuat mereka ingat dengan konten anda. Karena itu, sertakan minimal satu gambar yang unik pada konten anda. Dan untuk konten berupa tutorial, sertakan gambar untuk setiap tahapannya.

*Menggunakan referensi yang terpercaya

Saya ini bukan siapa-siapa. Kalau saya mengoceh ini-itu tanpa ada bukti yang nyata, akan ada orang yang menganggap tulisan saya omong kosong.Karena itulah saya selalu menggunakan referensi.Dan memang terbukti, semakin banyak referensi yang digunakan semakin populer juga kontennya.

Referensi membuat orang yakin dengan isi konten kita.

*Pilih topik yang langsung dilaksanakan

Tidak semua topik langsung bisa diaplikasikan oleh pembaca.Misalnya “cara mendapatkan uang 1 milyar”. Jumlah ini terlalu besar, anda tidak akan bisa membuat langkah demi langkahnya dalam 1 konten.Sehingga konten tersebut hanya jadi sebuah informasi.

Tapi ada caranya mengubah topik informasi jadi siap pakai.Salah satu artikel di website ini saya fokuskan isinya hanya yang bisa langsung digunakan saat ini juga.

Faktor penghambat popularitas konten

Ada faktor-faktor yang menyebabkan konten anda tidak akan populer walaupun sudah melakukan langkah2 diatas adalah

  • Isinya payah,biasa,membosankan.bandingkan dengan konten lain dengan topik yang sama. Kalau isinya tidak JAUH lebih bagus, berarti anda gagal.
  • Tidak dipromosikan. tanpa promosi, seberapa pun bagusnya konten anda tidak akan bisa populer.

 

Advertisements