SEO

Memahami On page dan Off page SEO lebih dalam

ON PAGE SEO

Yang dimaksud Optimisasi SEO On Page kurang lebih yaitu optimisasi yang dilakukan dari dalam situs web anda. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan, misalnya seperti :

Pilih templete yang sesuai SEO friendly.

Design template blog dapat memiliki keunggulan dan kelemahan. Misalnya, ada template yang tampilannya menarik dan indah, namun dari segi SEO bisa saja lemah. Ataupun sebaliknya. Oleh karena itu sebaiknya pilih template blog yang SEO friendly. Saat ini ada banyak template blog gratisan dengan tampilan premium namun telah disisipi hack SEO sehingga menjadi SEO friendly.

Pasang Meta Tags.

Ada banyak jenis meta tag yang sering digunakan. Antara lain meta description. Penggunaan meta description yang tepat dapat menambah kekuatan SEO blog di search engine. Meta description berfungsi memuat informasi yang mendeskripsikan halaman blog anda. Meta description muncul pada snippet deskripsi di hasil pencarian google. Selain meta description, ada pula meta keyword, meta author, dll.

Pasang keyword pada title/judul blog.

Judul adalah tempat yang sangat tepat untuk memasang keyword. Title/judul blog menggambarkan keseluruhan dari isi blog anda. Nah sebagian kunjungan yang terjadi datang dari pembaca yang tertarik akan judul blog yang anda pasang. Oleh karena itu maksimalkan penggunaan keyword yang ditargetkan pada title/judul blog.

Konten dengan kualitas terbaik

Kalau anda perhatikan, konten adalah komponen utama dalam halaman website. Artinya, konten memegang peranan terbesar dalam optimasi on-page.Mustahil mendapatkan peringkat 1 tanpa punya konten berkualitas.

Inilah ciri-cirinya:

  1. Memberikan manfaat maksimum bagi pengunjung
  2. Lebih menonjol dibandingkan konten lain yang sejenis
  3. Disimak dalam waktu panjang oleh pengunjung
  4. Membangkitkan perasaan (kagum, terhibur, bahagia, dll.)
  5. Menyelesaikan permasalahan pengunjung

Kalau anda ingin mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari dalam durasi yang lama, maka konten anda sebaiknya memenuhi kelima hal itu.perlu anda ketahui juga kalau Google secara terang-terangan menyatakan bahwa mereka menentang konten yang:

  1. Kurus (thin), dengan kata lain tidak berbobot
  2. Tidak memberikan nilai tambah bagi pembaca
  3. Tidak original
  4. Membuat pembaca frustrasi (karena kualitasnya rendah)

Kalau konten anda masuk ke dalam salah satu kategori di atas, maka akan sangat sulit mendapatkan peringkat yang tinggi.

Letakkan judul postinan di depan judul blog.

Coba anda lihat tab browser anda di atas. Apakah judul postingan sudah berada didepan, kemudian disusul dengan nama blog anda? Begitu pula tampilan dalam query search engine. Biasanya, pada template yang belum di isi hack, nama blog berada didepan judul postingan. Pada hasil pencarian search engine hal ini dapat berakibat kurang baik, karena dapat memotong judul postingan dibagian belakang. Pengunjung pun jadi tidak bisa membaca judul postingan anda secara keseluruhan, terlebih jika judul postingannya panjang.

Percepat waktu loading blog anda.

Jika waktu loading blog anda cepat, bukan hanya pengunjung anda saja yang senang, tapi spider crawl google juga senang. Pengunjung senang karena mereka tidak perlu berlama-lama untuk segera membaca artikel-artikel anda, apalagi bagi yang koneksinya lemot. Sedang google spider juga senang, karena saat crawling waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan informasi menjadi lebih cepat. Efeknya artikel anda jadi lebih cepat terindex. Hindari penggunaan javascript (biasanya pada widget) dan pemasangan gambar-gambar secara berlebihan agar waktu loading blog anda dapat menjadi lebih cepat

Bisa di-share ke social media

Saat ini Google tidak menganggap jumlah share sebagai faktor penentu peringkat di Google, tapi bukan berarti social sharing tidak penting. Social share punya dampak tidak langsung terhadap peringkat website.

Beberapa dari pengunjung akan memberikan backlink (dibahas lebih lanjut dalam bab selanjutnya)Dibandingkan SEO, social media akan membangun brand website anda dengan lebih cepat. Inilah yang punya efek terhadap SEO. Oleh karena itu, pasang tombol share di website anda.untuk membuat konten yang menarik untuk di-share.

URL yang singkat dan deskriptif

Meskipun pengaruhnya tidak besar, tapi URL yang mengandung keyword dapat mempengaruhi peringkat website anda di hasil pencarian.Berikut ini contoh URL yang tidak baik. Hindari penggunaan URL seperti ini.

  • panduanim.com/?p=94
  • URL yang bagus selalu relevan dengan apa isi dari halaman tersebut. Contohnya: Halaman tentang ‘resep bakso’ > domain.com/resep-bakso/
  • Halaman produk ‘macbook pro’ > domain.com/laptop/macbook-pro/ Buatlah URL yang mendeskripsikan konten, lebih baik lagi kalau mengandung keyword utama

 

 

OFF PAGE SEO

Yang dimaksud Optimisasi SEO Off Page merupakan kebalikan dari Optimisasi SEO On Page, yaitu optimisasi yang dilakukan dari luar situs web anda. Yang perlu anda lakukan yaitu fokus membangun backlink. Memperbanyak inbound link (link dari situs web lain yang mengarah ke situs web anda).

Semakin bermutu link yang mengarah ke web site anda, maka semakin baik pula reputasi web site anda dimata search engine.

Hubungan antara konten dan backlink

Konten = on-page, backlink = off-page. Apa ada hubungan antara konten dan backlink?

Kalau website anda memang memiliki value (nilai) dan value ini terlihat oleh orang lain, maka mereka akan dengan senang hati memberikan link kepada anda. Inilah esensi dari link building.

Untuk memberikan value, maka anda harus memiliki konten yang berkualitas. Untuk memperlihatkan value ini kepada orang lain, anda harus melakukan pemasaran konten.

Jadi content marketing adalah “sumber” backlink utama bagi anda.

FAKTOR RENGKING OFF PAGE SEO

  • Kualitas backlink
  • Anchor text dalam backlink
  • Jumlah backlink
  • Keragaman backlink
  • Reputasi sosial
  • Aktivitas sosial
  • Faktor personal pengguna

Advertisements