SEO

10 Teknik jitu membangun Link Berkualitas

1. Sediakan konten yang berkualitas sebagai pondasi

Semua praktisi SEO pasti sepakat, mustahil bisa mendapatkan backlink berkualitas tanpa memiliki konten yang berkualitas.Google bisa menilai apakah konten anda berkualitas atau tidak. ciri2 konten berkualitas diantaranya adalah isinya jauh lebih baik daripada konten lain yang sejenis,Topiknya diminati oleh kalangan tertentu yang antusias, Menyelesaikan masalah yang dihadapi banyak orang dan Disajikan dengan menarik sehingga mudah dinikmati.

2. Intip backlink dan strategi milik kompetitor

Dengan mengintip backlink website kompetitor, kita bisa mendapatkan backlink berkualitas. Anda bisa melihat backlink milik kompetitor anda dengan menggunakan layanan Open Site Explorer, AhrefsMajestic SEO, OpenLinkProfiler, atau SEO Spy Glass. Dari tool tersebut, anda akan mendapatkan daftar backlink yang dimiliki oleh sebuah website. Biasanya ada beberapa backlink yang bisa anda tiru.

3. Website direktori yang bersih dari spam

Ciri-cirinya website direktori yang jelek: Direktori yang jelek topiknya terlalu beragam, tanpa seleksi penerimaan, tidak ada aktivitas pengunjung, dan sebagian besar website yang terdaftar disana juga tidak jelas kualitasnya.

Sebaliknya, direktori yang bagus adalah direktori yang dimoderasi dengan ketat supaya website yang terdaftar disana juga berkualitas dan memiliki topik-topik yang tepat.Biasanya direktori yang bagus adalah direktori bisnis

4. Guest blogging untuk mendapatkan traffic

Ada 1 aturan sukses dalam marketing: masuk ke tempat yang ramai. Dengan kata lain, website yang sudah banyak pengunjungnya. Setelah melakukan guest blogging, maka pengunjung dari website tersebut akan mengenal website anda. Mereka akan jadi pengunjung di website anda.

Ciri-ciri website yang bagus untuk guest blog

  • Sudah cukup berumur, lebih dari 1 tahun
  • Topiknya relevan dengan website anda
  • Trafficnya cukup tinggi, bisa diperiksa di Alexa atau SimilarWeb
  • Pembacanya antusias, bisa dilihat dari komentar atau akun social-nya
  • Desainnya tidak berantakan dan kontennya berbobot

5. Lakukan forum marketing, bukan forum spamming

Banyak website yang sudah populer dulunya memanfaatkan forum dan situs komunitas ketika baru memperkenalkan websitenya. Karena memang forum merupakan tempat promosi yang paling mudah. Yang harus dilakukan:

  • Temukan forum yang sesuai dengan topik utama anda
  • Buat akun yang serius, lengkapi data termasuk foto/avatar
  • Jawab setiap pertanyaan dari anggota forum dengan jawaban yang lengkap, buat mereka tidak perlu membaca jawaban dari orang lain
  • Ulangi selama beberapa hari sampai anggota forum kenal dengan anda
  • Setelah ini barulah anda bisa mulai sekali-sekali menaruh link website

6. Manfaatkan content sharing platform

Social bookmark merupakan salah satu content sharing platform yang sering diincar oleh pemilik website baru. Tapi masih ada jenis content sharing platform yang lainnya seperti:

Beberapa website di atas memang sifatnya nofollow, mereka sudah punya basis audiens sendiri, kita bisa “menumpang” untuk langsung mendapatkan traffic.

7. “Minta” kepada pemilik website lain

Pertama, anda harus pahami bahwa backlink sukarela dari website lain yang aktif merupakan jenis backlink terbaik. 1 backlink saja, peringkat langsung meroket. Tapi mereka tidak akan memberikan backlink kepada anda kalau kontennya tidak berkualitas. Jadi, kunci pertama adalah kualitas konten.

8. Broken link building

Broken link artinya link dari suatu halaman website ke website lain yang sudah mati. Ketika di-klik, halamannya sudah tidak ada. Intinya sama dengan yang diatas, kita meminta orang lain untuk memberikan link.

ketika ada sebuah web yang linknya sudah mati, atau tidak ada anda buat Buat 1 artikel yang topiknya sama dengan artikel di broken link tadi. Pastikan artikel anda lebih bagus daripada artikel aslinya untuk menggantikan broken link tadi. gunakan Wayback Machine. Kemudian hubungi pemilik website tadi, beritahukan bahwa ada broken link di halaman tersebut dan tawarkan konten anda sebagai gantinya.

9. Dapatkan link dari brand mention

Caranya mudah: Misalnya anda punya brand atau website bernama “BukaBaju”.Kemungkinan besar nama website anda ini sudah dikenal oleh beberapa orang, dan ada beberapa website yang menyebutkan nama tersebut. Ini kita sebut brand mention. Tapi bukan link aktif. (tidak bisa di-klik) Dengan kata lain, hanya berupa teks. Kita bisa menghubungi mereka untuk mengubah teks tersebut menjadi link aktif, atau backlink.

Lalu, bagaimana cara menemukan brand mention ini?

Ada beberapa alat bantu:

  1. Fresh Web Explorer
  2. Google Alerts
  3. TalkWalker Alerts
  4. Mention (gratis 250 mention per bulan)

Dengan salah satu dari 4 tool di atas, anda bisa mendapatkan email setiap kali seseorang di internet menyebutkan brand anda.

10. Menggunakan jasa SEO

Jasa SEO ini biasanya tidak menjual puluhan, ratusan, atau ribuan backlink melainkan optimasi menyeluruh mulai dari marketing dan publikasi secara online, pembuatan konten, serta optimasi struktur halaman. jasa seo sebenarnya juga mempunyai resiko yang tinggi, Semua penjual backlink sadar bahwa link mereka berpotensi membawa resiko penalty. Tapi mereka tidak akan memberitahu resikonya pada anda karena akan menurunkan penjualan mereka. Jadi hati-hati dengan jasa backlink yang memberikan banyak backlink sekaligus secara tidak natural

Dengan kata lain, jangan mencari jasa SEO tapi jasa inbound marketing atau content marketing.

 

Advertisements