SEO

Mengukur kinerja SEO

Ada yang bilang kalau SEO hanya dilakukan sekali dalam pembuatan website. namun pada kenyataanya tidaklah beitu. kalau kita membiarkan website kita tentulah situs kita itu akan mengalami penurunan. maka dari itu untuk bisa melakukan optimasi, anda harus tahu apa saja yang terjadi di website anda Seperti apa angka yang muncul, apakah terjadi kenaikan atau penurunan performa. kalu terjadi penurunan, ya kita perbaiki. langkah2 untuk memaksimalkan seo adalah sebagai berikut.

1. Integrasikan Search Console dan Google Analytics

Kedua tool ini tidak wajib, tapi bagi seorang praktisi SEO yang serius keduanya harus anda gunakan. Klik di sini untuk cara menginstall Google Analytics.

Setelah ter-install, masuk ke Search Console dan tambahkan website anda. Tidak akan terjadi apa-apa dalam waktu singkat. Kedua tool ini membutuhkan waktu beberapa hari setelah terpasang karena baru akan mengumpulkan data. Data-data tersebut akan digunakan untuk mengoptimasi lebih lanjut

2. Lakukan crawling dengan alat bantu

Crawling adalah proses yang dilakukan oleh mesin pencari untuk menjelajah halaman-halaman website sambil mengumpulkan informasinya. Kita akan meniru proses ini. Tujuannya adalah untuk mengetahui gambaran besar dari website anda.. apakah terjadi error, apakah ada broken link, duplikat internal, dan meta tag yang kosong.

Gunakan salah satu dari 3 tool ini:

Masuk ke salah satu link di atas dan download software-nya, kemudian lakukan scan dan perbaiki apa yang salah.

3. Riset kata kunci lebih lanjut

Dalam panduan SEO ini sudah dibahas singkat terkait riset kata kunci yang akan digunakan dalam:

  1. Judul
  2. Meta description
  3. Konten

Tapi kalau anda memang berniat menjadikan mesin pencari sebagai sumber traffic utama, lakukan riset kata kunci yang lebih lanjut.

4. Analisa performa konten

Setelah membuat dan mendistribusikan konten, bagaimana cara anda untuk mengetahui apakah konten tersebut sudah memuaskan pembaca dan memberikan anda hasil positif? Untuk mendapatkan data-data dari website dan konten, ada beberapa alat bantu yang bisa gunakan. Salah satunya yang terbaik dan gratis adalah Google Analytics.

Bagi pengguna WordPress, anda bisa menggunakan plugin Google Analyics by Yoast ini untuk mempermudah prosesnya.Ketika baru memasang, data anda masih kosong. Jadi mungkin anda butuh 3-5 hari untuk mengumpulkan data sebelum bisa melakukan analisa dalam panduan ini.

Advertisements