Keyword Research

Riset Keyword untuk Menemukan Kata Kunci Terbaik

Riset kata kunci merupakan tahapan yang harus dilakukan di awal, ketika website anda baru dibangun. jangan sampai anda sudah menulis banyak konten namun yang terjadi website anda sepi karena ada tidak melakukan riset keyword terlebh dulu.

Riset Keyword ini sangat penting bagi para penulis kontent. mengapa keyword research ini sangat penting??

Kalau boleh saya garis bawahi tujuan kita mempelajari semua hal tentang SEO dll adalah hanya untuk mendapatkan pengunjung, kalau dapat pengunjung banyak kemungkinan akan terjadi penjualan yang meningkat, kalau terjadi penjualan yang meningkat, maka hasil akhirnya yang di tunggu2 adalah penghasilan yang meningkat pula.betul???

Namun sayangnya, tanpa riset kata kunci, semua itu mustahil.kenapa mustahil??berikut penjelasannya.

Disinilah para pemula biasanya melakukan kesalahan

Dengan semangat 45 mereka menulis banyak konten,  Mereka membuat konten tanpa peduli dengan keyword, kemudian merasa bangga bahwa websitenya sudah masuk ke halaman satu. namun apa yang terjadi??pengunjungnya tetap sedikit. Percuma kan? Sudah susah payah membuat konten, tapi ternyata tidak ada yang tertarik.

Kalau anda tidak paham dengan keyword research, maka kemungkinan besar anda akan menargetkan kata kunci yang tidak pernah dicari sama sekali. Itulah yang sering dilakukan.Ingat,,tidak semua keyword itu sama. Ada keyword yang sering dicari, ada pula yang sepi.

Dan disinilah para pakar terjebak

Para pakar yang sudah paham seo juga kadang terjebak, biasanya mereka Supaya websitenya banyak pengunjung, menargetkan keyword-keyword dengan volume pencarian yang besar melalui Google Keyword Planner. Ya memang, karena seo nya bagus beberapa minggu kemudian bisa peringkat 1. dan pengunjung berdatangan.Tapi ternyata tidak ada yang membeli produk yang ditawarkan.

Kenapa tuh?

Karena mereka mengincar kata kunci yang salah. Yang perlu anda ingat, tujuan dari keyword research bukan hanya untuk menemukan kata kunci dengan jumlah pencarian terbanyak. Bukan cuma mendatangkan pengunjung. Melainkan untuk mendatangkan pengunjung yang tepat sasaran. Kalau anda ingin supaya mereka membeli produk yang anda tawarkan, maka anda harus menargetkan keyword yang digunakan oleh orang yang memang ingin membeli.

Kesalahan yang turun-temurun

Bicara tentang riset keyword, biasanya hal yang pertama kali dilakukan adalah membuka Google Keyword Planner. Lalu memasukkan keyword.Ini tidak benar. Terutama bagi pemilik website baru. Kesalahan ini terlalu parah sampai-sampai cara tersebut terus dilakukan dan diajarkan secara turun-temurun kepada pemula. Kacau

Lihat kasus berikut:

Misalnya Budi punya website yang menjual jasa kursus Bahasa Inggris.Maka Budi ingin mendapatkan peringkat 1 untuk kata kunci “kursus bahasa inggris”. Kata kunci ini dijadikan sebagai target utama. Sampai di situ tidak ada masalah.

Ini masalahnya:

Seperti yang dilakukan banyak orang, Budi langsung memasukkan keyword utamanya ke Google Keyword Planner. Budi ingin mendapatkan rangking 1 untuk semua kata kunci tersebut.Oleh karena itu, maka Budi membuat 6 artikel masing-masing menggunakan kata kunci yang ditampilkan dalam gambar tersebut. Seminggu…dua minggu berlalu…Ternyata tidak satupun dari artikel tersebut mendapatkan peringkat yang bagus di Google. Lebih parahnya lagi, website Budi bahkan tidak ada di 10 halaman pertama. Justru websitenya kena penalti!

Apa yang terjadi? Kenapa Budi kena penalti?

Keywordnya Semuanya hampir sama.Ketika Budi membuat artikel yang masing-masing mengincar keyword tersebut, artikel di websitenya akan jadi mirip semua. Tidak ada variasi. Akibatnya Pengunjung akan menganggap website anda dibuat secara asal-asalan, sehingga akan langsung pergi karena tidak mendapatkan informasi yang bagus. Google dan mesin pencari lain akan menganggap website anda “kurus”. Kita tahu bahwa Google tidak suka website yang kurus, artinya website yang semua halamannya mengincar keyword yang sama. Sehingga isinya juga sama.

Maka dari itu, saya tekankan sebelum kita mulai:

Google Keyword Planner BUKAN tool untuk menemukan kata kunci baru.Lain kali kalau ada orang yang menyarankan para pemula untuk menggunakan Google Keyword Planner untuk mencari keyword, beritahukan kepada mereka akibatnya.

 

Advertisements