Keyword Research

Analisa tingkat persaingan keyword

Biasanya website yang umurnya baru kisaran bulanan sangat sulit untuk mendapatkan posisi tertinggi di google. karena google masih belum percaya sama kita.Untuk itu strateginya kita sebaiknya mencari keyword dengan persaingan rendah dulu, supaya kita mendapatkan cukup banyak pengunjung tanpa perlu lama menunggu. tujuannya supaya reputasi kita di Google juga akan terbentuk.

Inilah langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk melakukan analisa persaingan keyword dalam SEO.

1. Install MozBar atau SEOQuake

Ketika ingin mengetahui tingkat kesulitan sebuah keyword, berarti kita harus tahu apakah website-website yang ada di halaman 1 itu website besar atau bukan.

Keduanya gratis dan bisa kita gunakan untuk melakukan analisa persaingan kata kunci. MozBar lebih simpel angka-angka yang diperlihatkan lebih sedikit daripada SEOQuake. Hanya angka yang penting yang di tampilkan. berikut tampilan dari Mozbar.

2. Lihat angka PageRank (PR) atau PA & DA

PA (Page Authority) adalah angka yang dibuat oleh Moz dari 0-100 yang menunjukkan seberapa tinggi reputasi sebuah halaman website. Bukan angka resmi dari Google, tapi algoritmanya dibuat supaya mendekati. Sedangkan DA (Domain Authority) mirip dengan PA tapi untuk keseluruhan domainnya. Bukan per halaman.

Jadi semakin tinggi PR, PA, dan DA, semakin sulit persaingannya.Sebaliknya, keyword yang menghasilkan website-website dengan angka PR, PA, dan DA yang rendah biasanya persaingannya mudah. Biasanya, yang dikatakan “mudah” adalah yang PA dan DA nya di bawah 25.

3. Lihat jumlah dan kualitas backlink

Kita tahu bahwa backlink adalah salahsatu faktor terbesar yang mempengaruhi peringkat website. semakin banyak backlink yang di hasilkan, semakin sulit persaingannya.

Analisa-jumlah-dan-kualitas-backlink

  • Kiri: jumlah halaman yang memberikan backlink ke halaman tersebut
  • Kanan:  jumlah halaman yang memberikan backlink ke keseluruhan domain
  • RDs (root domains) berarti jumlah domain yang memberikan backlink

4. Lihat judul dan topik kontennya

Relevansi itu yang nomor satu. google selalu menampilkan hasil pencarian yang sangat relevan dan pas. tetapi ada juga keyword yang belum tersedia konten yang relevan.

dengan mengetikkan keyword tersebut hasil dari pencarian cuma ada pengertian jam matahari, cara membuat jam matahari, bahkan cara menentukan arah. hasilnya tidak terlalu relevan Kalau kita membuat konten sesuai dengan keyword tersebut, bahkan Wikipedia pun bisa kita kalahkan dalam hitungan hari.

5. Lihat langsung kualitas konten dan websitenya

Google selalu akan berusaha menampilkan website dengan konten terbaik di posisi teratas, karena orang-orang akan puas kalau diberikan konten yang terbaik.

Maka dari itu, kunci utamanya adalah kualitas.

Analisa banyak keyword dengan Term Explorer

Term Explorer. di gunakan untuk menganalisa banyak keyword, terlalu repot kalau kita menganalisa satu persatu. Meskipun tidak 100% akurat, tapi Term Explorer bisa kita manfaatkan sebagai acuan untuk mengeliminasi keyword-keyword yang terlalu sulit.

Skalanya dari 1-10.

Dari satu kali klik ini saja kita sudah mendapatkan 2 kata kunci dengan persaingan yang sangat mudah (meskipun salah satunya tidak layak). Selain menganalisa persaingan, Term Explorer juga bisa digunakan untuk mencari keyword baru dan volume pencarian per bulannya. Seperti Google Keyword Planner.

Kalau anda ingin mencoba, silahkan daftar versi gratisnya.

Advertisements