Keyword Research

Cara mencari Keyword yang tepat dengan bermacam Tool

Kita ingin mendapatkan pengunjung yang tepat sasaran yang bersedia membeli dan menggunakan produk/jasa yang kita tawarkan. Maka dari itu dalam memilih keyword jangan sembarangan, harus dengan keyword yang tepat. Dengan keyword yang tepat kita dapat mengahsilkan conversi yang tinggi.

Biasanya untuk memilih keyword yang bagus mereka menggunakan google keyword planner. namun itu saja tidak cukup ternyata. karena Google Keyword Planner itu bukan tool untuk riset kata kunci, melainkan untuk pengguna Google AdWords (layanan iklan PPC Google). Hasil yang dikeluarkan tidak beragam. Ada beberapa langkah lagi yang harus anda lakukan supaya strategi keyword website anda sempurna.

 

1. Dapatkan beberapa ide awal dari keyword utama

caranya begini jika anda saat ini baru punya satu keyword yaitu kategori website anda sendiri. Misalnya website yang menjual tiket pesawat kira-kira keywordnya “jual tiket pesawat” maka pikirkan beberapa keyword yang berkaitan dengan keyword utama tadi, lalu pisahkan berdasarkan search intent. contoh

Brainstorming-keyword-tiket-pesawat.png

Perhatikan terutama di bagian “informational”. Keyword-keyword ini bukan tentang tiket pesawat (keyword utama), tapi hubungannya masih sangat dekat. Maka dari itu, keyword informational berguna untuk mendapatkan pembeli dalam jangka panjang.Nilainya rendah tapi sangat bermanfaat. Kalau anda bingung dalam mencari idenya, coba jawab pertanyaan berikut:

Informational:

      • Apa permasalahan yang dimiliki oleh target pasar anda?
      • Apa yang membuat mereka tertarik membeli produk/layanan anda?
      • Permasalahan apa yang diselesaikan melalui produk/layanan anda?
      • Apa hal lain yang ingin mereka ketahui disamping produk anda?

Commercial investigation:

      • Apa yang jadi pertimbangan mereka sebelum menentukan pilihan?
      • Informasi apa yang mereka cari sebelum membeli? (spek, manfaat, harga)
      • Bagaimana cara mereka membandingkan produk sejenis? (terbaik, vs, review)
      • Apa ada kata sifat yang menggambarkan produk/layanan anda? (murah, berkualitas, biru, merah)

Transactional:

    • Bayangkan anda ingin membeli produk anda secara online, apa yang akan anda cari dari Google?
    • Apakah anda menyediakan diskon, gratisan, dan sejenisnya?

 

 

2. Gali keyword tambahan di KeywordTool.io

KeywordTool.io adalah tool yang berfungsi untuk mendapatkan keyword turunan dari keyword utama yang anda masukkan berdasarkan Google Suggest.Tool ini yang secara otomatis melakukan pencarian berulang-ulang kali untuk anda.

Caranya,,

Buka KeywordTool.io masukkan keyword ke kolom yang disediakan,jangan lupa atur negara dan bahasanya.Setelah itu tekan tombol kaca pembesar.

Hasilnya seperti ini:

Selanjutnya, klik tombol “Copy All” di kanan atas. Kemudian paste di notepad, Excel, atau yang lainnya terserah anda. Ulangi untuk semua keyword tadi. Terakhir, gabungkan semua keyword dalam intent yang sama ke satu notepad yang sama.

 

3. Dapatkan volume pencarian di Google Keyword Planner

Selanjutnya dengan berbekal kata kunci dari KeywordTool.io kita menuju ke GKP. Silahkan buat akun dulu kalau anda baru pertama kali. Setelah itu, klik di pilihan kedua dari menu.

Paste keyword yang sudah anda copy tadi. Jangan lupa ubah negara dan bahasa.

Klik tombol “Get search volume”. Anda akan diperlihatkan volume pencarian per bulan untuk tiap keyword.

Setelah itu, download dalam bentuk Excel CSV atau simpan ke Google Drive kalau anda menggunakan Google Sheets.

Setelah semua keyword dimasukkan, anda mestinya punya 3 file spreadsheets untuk masing-masing intent.

 

tool lain untuk keyword research

1. SEMRush – mengintip keyword dari website lain

Dengan menggunakan SEMRush, anda bisa “mengintip” keyword yang bernilai tinggi dari website-website saingan anda. Saingan anda susah-payah melakukan riset. Kita, tinggal intip. Dengan demikian, proses keyword research anda jadi berkali-kali lipat lebih mudah. Klik disini untuk praktek

2. Long Tail Pro – mencari keyword berharga yang tersembunyi

Dengan mengincar long tail keyword, kita bisa dengan cepat masuk ke halaman 1 meskipun tanpa backlink sama sekali. long tail keyword itu kata kunci panjang yang tingkat persaingannya jauh lebih rendah daripada short tail keyword.

Long tail pro adalah software untuk mencari kata kunci atau keyword yang tepat. Software ini juga menggunakan google keyword planer dan mengecek persaingan dengan moz api. Semuanya berjalan secara otomatis. Long tail pro dapat mengecek lebih dari 800 keyword dalam sekali waktu. Klik disini untuk download

3. Term Explorer – analisa banyak keyword sekaligus

Fungsi dasarnya mirip dengan Long Tail Pro yaitu mencari keyword dan melakukan analisa persaingan.

Bedanya: Term Explorer berbasis web, sedangkan Long Tail Pro adalah software desktop. Long Tail Pro dibayar sekali seumur hidup, Term Explorer per bulan. Klik disini untuk daftar di termexplore

4. MozBar atau SEOQuake – untuk yang lebih suka manual

Dua tool ini adalah ekstensi browser untuk Chrome dan Firefox. Keduanya gratis dan fiturnya hampir sama. MozBar dan SEOQuake akan menampilkan data-data seperti jumlah backlink, Page Authority, Domain Authority, dan lain-lain ketika kita melakukan pencarian di Google.

 

 

 

 

Advertisements