Social Media Marketing

9 Cara Jitu Mempromosikan Bisnis di Facebook

promisi bisnis di facebook1. Temukan 5 page milik brand saingan anda di Facebook

Cara terbaik untuk belajar adalah dengan melihat dan meniru apa yang efektif di dalam bidang industri anda sendiri. Kemudian, pelajari ini:

  • Seperti apa post yang mendapat banyak like
  • Seberapa sering mereka menerbitkan post baru
  • Jam berapa post yang mendapat banyak like
  • Foto, cover, dan kelengkapan profil lainnya

2. Buat page yang menarik, ikuti tips berikut

Di Facebook, page itu seperti toko anda. Kalau tokonya jelek, tidak akan ada yang datang. Pertama, masuk ke link ini untuk membuat Facebook Page. Kemudian pilih kategori yang tepat. Serius. Beda kategori bisa beda fitur yang diberikan. Ini tips menamai page:

  • Gunakan nama brand anda, titik
  • Jangan gunakan jenis produk/layanan sebagai nama (misalnya: “kontraktor rumah”)
  • Singkat, 2-3 kata paling optimal. Pisahkan dengan spasi

Ketiga, lengkapi profil anda mulai dari URL, deskripsi, foto, cover, dan keterangan lainnya. Ikuti tips ini:

  • Profil picture: gunakan logo dengan resolusi tinggi, jangan gunakan gambar yang buram
  • Cover: gunakan gambar yang menarik dengan resolusi tinggi, jangan gunakan sembarang gambar dari internet
  • About: jelaskan bisnis anda dengan singkat & menarik, hilangkan kata yang bertele-tele
  • Lengkapi semua informasi di tab Info, selengkap-lengkapnya

3. Ketahui dan tentukan target calon audiens anda

Intinya, kita harus menyediakan apa yang pantas dan menarik bagi target audiens kita sendiri. Untungnya, dengan Facebook kita bisa dengan mudah mengenali siapa audiens yang kita incar. Caranya lagi-lagi dengan memanfaatkan brand saingan.

Kata kuncinya: “Interests liked by people who like [nama page]” Kata kunci ‘interests’ juga bisa anda ganti, misalnya:

  • Movies
  • Books
  • Restaurants
  • Places
  • Public figures
  • Organizations
  • dll. Apapun bisa

Kalau page anda sudah punya banyak like, bisa juga gunakan page anda sendiri supaya lebih akurat.

4. Optimasi website untuk Facebook

Kalau anda sudah bicara tentang Facebook marketing, mestinya anda saat ini sudah punya website sendiri. Kalau belum, segera buat.Ini supaya yang mengunjungi website kita semakin banyak. Untuk itu, ada beberapa “meta tag” yang harus anda pasang di website. Tepatnya di bagian <head>. Kalau anda pengguna WordPress, install plugin bernama Yoast SEO. Dari plugin ini kita bisa mengatur meta tag yang disebutkan tadi dengan lebih mudah.

5. Pahami tips untuk membuat post yang baik di Facebook

Di Facebook, kita tidak bisa membuat post terlalu banyak dalam sehari. Alasannya ada 2:

  • Post lebih dari 2x sehari akan mendapatkan lebih sedikit like
  • Setiap post harus berkualitas, sulit untuk membuat banyak post berkualitas dalam sehari

6. Cari dan berpartisipasi di grup yang populer dalam industri anda

Untuk mencari grup yang sesuai dengan bisnis anda, gunakan salah satu kata kunci berikut:

  • “groups named [nama industri]”
  • “groups about [nama industri]”
  • “groups joined by people who like [industri/page/kata kunci lain]”

Ciri-ciri grup yang bagus:

  • Sering ada tanya jawab
  • Setiap post banyak like/komentarnya
  • Membernya sering berbagi informasi berupa teks/gambar/link
  • Tidak ada post yang tidak berhubungan.

7. Analisa performa page anda sendiri

Untuk menganalisanya performa page Lokasinya di menu ‘Insights’ Ada beberapa hal yang perlu anda analisa:

  1. Hari apa yang paling banyak follower online
  2. Jam berapa mereka online
  3. Post mana yang mendapatkan paling banyak reach dan engagement
  4. Post mana dari saingan anda yang mendapatkan paling banyak engagement

8. Gunakan Facebook Ads, ini beberapa tips singkat

Berikut tips menggunakan facebook ads,

  1. Jangan ‘boost’ post yang sudah diterbitkan. Buat ‘dark post’ melalui power editor
  2. Gunakan gambar yang relevan dengan pesan anda, bukan sekedar yang menarik
  3. Gunakan audiens dari page lain sebagai target interest
  4. Targetkan audiens yang sangat spesifik semakin spesifik semakin baik untuk iklan pertama anda
  5. Pasang remarketing pixel dan conversion tracking pixel di website anda
  6. Pelajari copywriting, wajib
  7. Selalu beritahu apa yang mereka harus lakukan (klik, beli, download, dll.) dan mengapa mereka harus melakukan hal tersebut
  8. Kalau budget anda kecil, utamakan news feed ads
  9. Selalu buat lebih dari 1 variasi untuk copy, gambar, dan targeting, lakukan split testing
  10. Sebaiknya hindari langsung berjualan, berikan mereka manfaat (alasannya dibahas dalam langkah 10)

9. Lakukan soft sell, bukan hard sell. Ini caranya

Facebook jauh lebih baik kalau anda melakukan soft selling. Caranya, dengan memberikan sesuatu. Misalnya:

  1. Ebook
  2. Konten panduan
  3. Video/webinar
  4. Kupon diskon

Tapi kita tidak akan memberikan kepada mereka secara cuma-cuma.Melainkan ditukar dengan kontak mereka. Email atau nomor HP. Inilah tujuan kita, mendapatkan kontak dari mereka yang punya rasa tertarik dengan produk/layanan anda. Meskipun sekarang belum siap membeli.

Beberapa poin terakhir yang harus anda ingat

Sebelum kita akhiri, ada beberapa hal yang perlu saya ingatkan kembali.

  1. Website anda jauh lebih berharga daripada Facebook Page
  2. Ini social media, anda harus ber-sosial-isasi
  3. Jangan pernah melakukan hard sell di Facebook
  4. Pelajari konsep copywriting sebelum anda mulai beriklan

 

Advertisements