Content Marketing

Cara membuat Blog yang sukses

membuat blog sukses
cara membuat blog yang sukses

Tidak semua blog menjadi sukses. Rasio blog yang sukses dan yang tidak sukses sangat jauh. Begitu banyak blog yang hilang tanpa diketahui keberadaannya oleh siapapun. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kegagalan blog, tapi faktor utamanya yaitu karena sang pemilik blog sibuk fokus ke hal-hal yang tidak terlalu penting. berikut cara membangun blog yang sukses.

Tentukan niche

Niche adalah Sebuah blog yang membahas satu topik tertentu saja dan tidak membahas beragam topik. Contoh jika blog Anda hanya membahas seputar perawatan rambut maka niche blog Anda adalah perawatan rambut. Blog terbaik selalu fokus dalam satu niche. Tidak kurang, tidak lebih.

manfaat menggunakan 1 niche:

  • membahas satu topik khusus, sehingga akan makin sempit topik bahasan yang kita bahas di blog. Dengan begitu kita tidak akan bingung ketika mencari ide-ide posting, sebab topik bahasan cuma satu. ya itu saja.
  • lebih mudah untuk menjadi blog otoritas, jika kita konsisten  dan terus bekerja keras maka niche blog kita bukan tidak mungkin menjadi blog rujukan dan otoritas.
  • lebih mudah dioptimasi, sebab kata kunci yang kita bidik hanya berfokus pada niche kita. Contoh blog yang niche nya perawatan rambut maka pasti kata kunci yang dibidik seputar “perawatan rambut”.
Tentukan domain, hosting, platform, template.

Nama domain yang anda pilih harus brandable. Tidak terlalu panjang dan enak diucapkan. tidak juga menggunakan subdomain. Gunakan hosting yang sudah populer dan terpercaya. Jangan pikir panjang soal hosting.

Lakukan keyword research

Untuk menemukan topik bahasan ini, anda harus berkunjung ke situs-situs komunitas yang membahas niche anda.Proses keyword research dilakukan terutama untuk menentukan topik-topik turunan dari niche utama anda. Misalkan untuk blog ber-niche kopi:

  • Review produk kopi
  • Informasi dan review produk kopi
  • Lokasi (kafe) yang menyediakan kopi
  • Alat/mesin yang berhubungan dengan kopi
  • Panduan lain terkait kopi
Temukan siapa calon pembaca

Sebelum mulai blogging, pastikan anda sudah tahu siapa audience anda. Mereka ini adalah orang-orang yang akan membayar anda. Jangan sampai anda tidak paham karakteristik mereka. Tidak sulit menemukan mereka, kunjungi beberapa tempat ini:

  • Situs forum – Cari komunitas yang sesuai dengan niche di google ketik aja keyword: [niche] + forum
  • Facebook Groups – lakukan search di FB untuk menemukan grup terkait niche anda dan join disana.
  • Google+ Communities – sama seperti FB
  • Twitter, Instagram, dsb. – pelajari #hashtag apa yang sering digunakan
Temukan siapa blogger lain dalam niche yang sama

Mereka adalah orang-orang yang menguasai niche-nya, lebih sulit untuk membuat influencer kagum daripada audience. Tapi ini harus anda lakukan. Untuk menemukan influencer, lakukan langkah berikut:

  • Cari blog & blogger dalam niche anda dengan Google.
  • Temukan pengguna Twitter yang antusias dalam niche anda menggunakan Followerwonk. (Alternatif: Topsy)
Buat perencanaan konten

Yang pertama yang harus anda lakukan adalah membuat sistem supaya anda selalu bisa memiliki ide konten untuk blog. Caranya seperti ini:

  • Buka komunitas yang anda temukan tadi setiap hari. Konten blog adalah hal yang bisa menyelesaikan masalah-masalah yang muncul disana.
  • Langganan ke blog dalam niche yang sama. Gunakan Feedly untuk mendapatkan update blog mereka.
  • Buka WhattoWrite, ikuti tahapan yang mereka sediakan untuk mendapatkan gambaran ide konten.
Selanjutnya buatlah suatu wadah penyimpanan ide konten. Tambahkan dalam wadah tersebut setiap kali anda menemukan konten baru
Pelajari (dan aplikasikan) SEO

Yang perlu anda ketahui mengenai SEO untuk blog hanya dasar-dasarnya, terutama konsep bagaimana mesin pencari merangking situs dan apa yang bisa anda lakukan.Hasil SEO butuh waktu, tidak instan. SEO bukan metode terbaik untuk mempopulerkan blog anda.SEO merupakan proyek jangka panjang yang berkelanjutan, lakukan sambil jalan bersamaan dengan tahapan lain yang lebih penting.

Buat konten berkualitas

Berikut ini ciri-ciri konten terbaik yang akan populer:

  • Berupa panduan atau pedoman lengkap
  • Solusi dari masalah yang belum ada penyelesaiannya
  • Jawaban dari pertanyaan yang selalu membuat orang bingung
  • Bukan berita, tapi analisa dari suatu berita
  • Belum pernah ada konten yang bahasannya/isinya sama

Untuk membuat konten ini anda harus menjadi ahli dari sebuah niche. Karena itulah dalam tahapan pertama tadi saya mengatakan anda harus menjadi ahlinya.

Lakukan promosi/distribusi konten
5-cara-unik-menciptakan-promosi-di-social-media
cara membuat blog

Ada 2 golongan sasaran anda dalam melakukan promosi, yaitu ke:

  • Audience – calon pembaca yang jelas tertarik dengan niche/industri anda.
  • Influencer – orang-orang yang memiliki audience sendiri, misalnya blogger atau orang yang sering memberikan ilmu di forum dan social media.

Usaha pemasaran anda hanya akan berhasil kalau anda sudah membuat konten yang berkualitas seperti di langkah #9. Kalau belum, jangan lakukan pemasaran.

Untuk memasarkan ke audience, gabunglah ke forum komunitas sebagai orang yang rutin menjawab pertanyaan anggotanya. Jadilah influencer.

Sementara untuk memasarkan ke influencer, anda harus menjalin hubungan dengan mereka. Bisa melalui komentar blog, atau lebih bagus lagi lewat social media dan email.

Bangun email list

Kesalahan terbesar dari seorang online marketer adalah tidak membangun email list.Segera buat sistem untuk membangun email list walaupun blog anda masih baru.

Analisa hasil kerja

Lakukan analisa terhadap blog anda dengan menggunakan tool analisa seperti Google Analytics.Dengan mengetahui darimana pengunjung anda datang, anda bisa fokus ke sumber traffic tertentu daripada melakukan pemasaran secara acak.

Advertisements