Content Marketing

Membuat content unggulan untuk mendapatkan backlink berkualitas

”Saya sudah blogwalking, submit ke social bookmark dofollow, tapi kok belum peringkat 1 juga ya?” Ya karena memang cara seperti itu manfaatnya sangat kecil.

”Lalu backlink seperti apa yang bisa menjadikan website kita di peringkat 1 tanpa kena penalti?” ya Backlink yang diberikan oleh pemilik website lain.

Buat para pemilik website lain (linker) tertarik dengan konten anda. Anda menulis sebuah konten yang menurut anda sudah bagus, tetapi ketika di baca orang yang punya website mungkin mereka menganggap konten anda biasa saja. Karena mereka punya pengetahuan di atas orang rata-rata.

Sebaliknya, ketika di baca dengan orang yang tidak punya website mungkin mereka menganggap website anda bagus. Namun itu tidak ada gunanya karena mereka tidak akan bisa memberikan backlink.

Secara umum, linker akan merekomendasikan artikel anda kalau:

  • Topiknya menjelaskan lebih lanjut terhadap suatu konsep yang mereka tulis di website-nya sendiri
  • Jauh lebih berkualitas daripada seluruh konten yang pernah ada. Sehingga lebih diutamakan daripada konten lain yang sejenis
  • Isinya membahas tentang mereka, atau mereka ikut berpartisipasi
  • Konten tersebut bisa bermanfaat bagi audience mereka
  • Anda kenal dengan mereka
  • Konten anda mengandung elemen pemicu popularitas

Cara membuat content unggulan

1. Temukan linker di bidang anda

Jadi begini strategi kita:

  1. Cari linker, lihat konten mereka seperti apa
  2. Buat konten yang jauh lebih bagus
  3. Jalin hubungan dengan mereka
  4. Backlink!

Cara menemukan kinker

  • Lakukan pencarian di Google
  • Masuk situs komunitas, social media, dan social bookmarking
  • Cari akun Twitter yang punya banyak follower
  • Cari website yang memasang link ke linker

2 . Pikirkan ide konten yang menarik bagi mereka

Meskipun isinya luar biasa, tapi kalau topiknya salah maka tidak akan ada yang merekomendasikan konten tersebut. Buat topik dan judulnya sama2 bagus. Kalau salah satu saja akan percuma. Memilih topik itu rumit. Tapi untungnya, ada suatu metode yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan ide topik.

Namanya STEPPS.

Topik anda harus merupakan salah satu dari STEPPS ini:

  1. Social currency: bisa membuat mereka bangga atas identitasnya
  2. Triggers: langsung terpikirkan ketika seseorang berbicara tentang sesuatu
  3. Emotion: bisa membangkitkan perasaan
  4. Public: topik yang populer atau sedang hangat
  5. Practical value: isi dari topik itu bisa dipraktekkan
  6. Story: kisah seseorang atau kejadian yang berhubungan dengan mereka

3. Lakukan riset KTP untuk membuat konten yang berbobot

Singkatnya seperti ini:

  1. Kumpulkan > 5 konten dalam topik sejenis, pelajari
  2. Catat kelebihan, kelemahan, dan elemen yang unik dari masing-masing konten
  3. Susun struktur konten baru yang menutup semua kelemahan tadi

Baca lagi Metode KTP kalau kurang jelas.

4. Lakukan distribusi konten kepada linker

Jangan pernah lakukan tahapan ini kalau anda belum punya konten yang memenuhi semua kriteria yang sudah disebutkan. Konten anda harus:

  • Topiknya memenuhi salah satu STEPPS
  • Dalam bidang yang sama dengan linker
  • Memiliki kualitas terbaik dibanding konten lain

 

Inilah hal-hal mengurangi peluang konten anda untuk mendapatkan backlink,yang harus anda hindari.

  1. Unsur-unsur penjualan produk
  2. Affiliate link
  3. Iklan yang terlalu banyak
  4. Salah tulis dan tata bahasa yang berantakan
  5. Desain berantakan
  6. Banyak basa-basi
  7. Formatnya tidak enak untuk dibaca
Advertisements