Content Marketing

Cara membuat Konten Berkualitas Dengan Metode KTP

Konten berkualitas isinya pasti berbobot. Masalahnya, kalau kita bukan seorang expert dalam suatu topik…akan jadi sangat sulit untuk menciptakan konten berkualitas tinggi.Untuk itulah kita gunakan metode KTP. yaitu Kumpulkan konten-konten terbaik. Tingkatkan materinya. Promosikan ke orang yang tepat. itulah yang dimaksud dengan metode KTP.

1. Kumpulkan konten2 terbaik

Untuk ini, kita perlu tahu seberapa bagus sih konten milik orang lain yang sudah diterbitkan. Lalu kita buat yang lebih baik. Misalkan anda ingin membuat konten tentang ‘cara berenang‘, kumpulkan sebanyak mungkin konten terbaik yang membahas panduan berenang.

Ada beberapa alat bantu dan media yang bisa digunakan:

  1. BuzzSumo: tool ini berguna untuk mencari artikel-artikel terpopuler dari kata kunci yang kita masukkan.
  2. Topsy: mencari tweet terpopuler dari Twitter dengan kata kunci tertentu.
  3. Forum: untuk mencari konten dalam forum dengan kata kunci tertentu melalui Google, gunakan “[keyword] forum” tanpa tanda petik dan ganti keyword dengan topik anda.
  4. Social bookmarking: gunakan lintas.me atau VivaLog untuk bahasa Indonesia dan Reddit untuk bahasa Inggris.
  5. Google: selain mencari forum, gunakan Google juga untuk langsung mencari artikel.

2. Tingkatkan materi konten

Konten yang anda tulis dan terbitkan mulai saat ini harus jadi lebih baik daripada semua konten yang sudah ada.caranya gimana supaya dapat meningkatkan materi konten?

Tambahkan isinya supaya lebih lengkap. Menambah isinya bukan cuma menambah tulisan. yang kita lakukan adalah membuat sebuah artikel super lengkap yang membahas semuanya, mulai dari awal sampai akhir. Ditambah dengan apa yang belum dibahas sama sekali di artikel lain.

Perbaharui yang sudah kadaluarsa. Ini terutama untuk konten yang berbentuk panduan.karena teknologi selalu update,software juga update terus maka kadang panduan kita sudah kadaluarsa.

Gunakan gambar (atau video dan audio). Menurut QuickSprout, konten yang berisi gambar akan lebih banyak dilihat daripada konten tanpa gambar. Perbedaannya hingga 94%. gambar yang digunakan harus mempermudah proses menjelaskan. Selain itu, dengan menggunakan gambar yang ‘indah’ maka orang yang membaca jadi akan lebih mungkin untuk men-share konten anda.

Pakai gaya bahasa dan formatting yang lebih baik. gunakan format yang lebih baik supaya kalu orang membacanya tidak menjemukan dan membosankan.

3. Promosikan ke orang yang tepat

Berikut ini cara promosi yang tepat sasaran.

Ke situs komunitas. Sambil membantu orang lain, kita bisa sambil mempromosikan konten. Ingat: jangan spam. Ikuti aturan 4:1 dalam promosi. Artinya setelah 4x membantu orang lain (tanpa posting link) barulah kita bisa 1x mempromosikan konten.

Hubungi para influencer yaitu Blogger,Seleb Twitter/Facebook,Jurnalis online,Member forum yang jadi ‘idola’ dll.Hubungi mereka, beritahukan konten anda.bisa via email, Twitter, dll.

Hubungi linker dan sharer.Linker adalah orang-orang yang mampu memasang link ke website lain. Karena linker tidak selalu ada dan biasanya jumlahnya sedikit, maka sebaiknya ada baiknya anda juga mencari sharer ini. Caranya mirip, bedanya tool yang kita gunakan yaitu BuzzSumo. Setelah memasukkan link yang anda simpan tadi, klik ‘View Sharers’.

Advertisements