Content Marketing

9 Teknik mempromosikan konten Blog yang baik

Sebelum ke teknik mempromosikan konten, ikuti aturan mainnya dulu supaya tidak di dianggap spam dan di benci orang, karena pada dasarnya orang itu tidak suka yg namanya promosi dan iklan. aturannya adalah:

  • Jangan mempromosikan blog, yang kita promosikan adalah konten. Artinya setiap kali anda menaruh link di berbagai tempat, bawa langsung ke konten yang ingin anda promosikan. Bukan ke homepage.
  • Promosikan konten yang terbaik. Bukan konten yang hanya copy paste, ganti kata, tulis ulang. Konten anda harus punya ide-ide baru di dalamnya, dan yang terpenting: harus membantu orang lain menyelesaikan masalah.
  • Jangan gunakan tool otomatisasi, minimal sampai anda sudah punya audience sendiri.Semua yang serba otomatis biasanya menjurus kepada spam.

Setelah mengetahui ketiga hal tersebut, sekarang mari kita mulai ke langkah pertama. untuk mempromosikan konten.

 

1. Menyiapkan ‘umpan’ dan buat email list setiap kali ada konten baru di terbitkan

Umpan yg dimaksud adalah topik. Topik dari konten anda harus bersifat urgent atau mendesak. Topik yang membuat orang lain merasa bahwa mereka harus baca saat ini juga. Sedangkan untuk isinya, sebaiknya: Kredibel – ada data/fakta dari sumber terpercaya. Praktis – bisa langsung dilakukan oleh pembaca. Emosional – memancing emosi positif/negatif

Setelah membuat umpan yang menarik, buat juga email list. Dengan membangun email list, usaha promosi konten anda jadi berkali-kali lipat lebih mudah. Sehingga dengan membuat email list sendiri berarti anda sudah punya sumber traffic yang selalu siap menerima konten baru anda.

 

2. Dapatkan follower dan post konten ke social media

Kalau kita asal ngeposting di sosmed, hasilya kurang maksimal. paling hanya 1,2, orang saja yang like atau retweet, percuma. Caranya dengan memasang tombol/link/widget untuk mempermudah pengunjung menuju akun social anda.Ikuti tips ini ketika posting di social media:

  •  Jangan pernah beli follower/like.
  • Jangan gunakan judul artikel sebagai isi dari tweet atau status anda. Jelaskan isi konten dengan singkat, tapi menarik.
  • Gunakan 3 konteks yang berbeda kalau anda menjadwalkan 3 update.
  • Jangan hanya share link dari website anda sendiri saja. Prinsip rasio 2:1:1, 2 kali share konten orang lain , 1 kali share konten milik sendiri, 1 kali update tanpa link.
  • Penggunaan gambar terbukti meningkatkan jumlah klik pada social media.

 

3. Gabung ke Facebook Group, Google+ Communities dan ke situs forum

Tips untuk promosi di group ataupun comunitas lain:

  1. Rasio promosi 4:1, 4 kali membantu orang lain, 1 kali promosi.
  2. Promosikan link yang benar-benar membantu anggota grup menyelesaikan persoalan.
  3. Ikuti aturan grup. Kalau anda tidak diperbolehkan memposting link, jangan.
  4. Tidak harus membuat post baru untuk promosi. Tempat komentar juga bisa.
  5. Jangan bergabung hanya untuk promosi. Hal utama yang harus anda lakukan disini adalah membantu orang lain menjawab pertanyaan dengan sopan.
  6. Jangan sampai dicap sebagai spam. website anda tidak akan pernah bisa muncul selamanya. Karena tiap post akan masuk ke filter spam.

 

4. Ubah bentuknya lalu publish di berbagai tempat

Kalau anda punya konten berupa artikel, anda bisa membuat video, PDF, atau infografis dengan isi yang sama persis. Begitu pula kalau anda punya konten video, bisa dijadikan artikel juga.

Kita akan memanfaatkan website-website yang sudah memiliki banyak pembaca. Kemudian konten bentuk lain tersebut kita kirim ke sana.Ini beberapa situs populer yang bisa kita manfaatkan:

  1. SlideShare – slide presentasi
  2. YouTube, Vimeo, DailyMotion – video
  3. Kompasiana, Medium, Rubrik OkeZone – artikel
  4. Visual.ly – infografis (lihat website lainnya)
  5. iTunes, SoundCloud – podcast
  6. Scribd – ebook

 

5. Monitor percakapan dan konten baru yang relevan

Monitor percakapan orang yang membutuhkan konten yang terkait dengan konten kita kemudian kita kasih link. Tapi masalahnya, internet itu kan luas. Lalu bagaimana cara kita bisa menemukan kalau ada orang yang membicarakan topik tertentu?Mudah:

Ada beberapa tool yang bisa kita gunakan untuk memonitor.

  1. Google Alerts
  2. Fresh Web Explorer
  3. Mention

 

 6. Tulis komentar yang cerdas dan bermanfaat di blog lain

Tulislah komentar dengan niat dan cerdas, jangan sekedarnya dan jangan asal2an memberikan komentar, walaupun komentar bagus sekalipun. karena itu tidak akan ada manfaatnya bagi anda. Rangkai kata2 yang santun, tanggapi artikel dengan baik dan salut, kemudian terakhir kasih link ke website anda. dengan kata 2 yang santun pemilik blog pasti tidak memandang negatif anda.

 

7. Guest blogging di blog yang populer

Bagi ada yang punya blog baru, lakukan guest blogging di situs populer. Hasilnya tidak akan mengecewakan kalau dilakukan dengan benar. Beberapa tips untuk melakukan guest blogging:

  1. Lakukan guest blogging hanya di website yang pemiliknya masih aktif
  2. Pastikan pembaca di blognya juga aktif berkomentar yang bukan sekedar berterima kasih (seperti contoh di atas)
  3. Jangan melakukan guest blogging kalau di website tersebut kebanyakan guest blog
  4. Topik blog harus sama dengan milik anda

lebih lanjut baca juga membangun backlink

 

8. Buat supaya pembaca bisa bantu mempromosikan

adi sebetulnya tantangan utama anda bukan “bagaimana mempromosikan”, tetapi “bagaimana supaya pembaca juga mau mempromosikan”.Ini tipsnya:

  1. Gunakan faktor pemicu popularitas konten
  2. Gunakan gambar yang menarik
  3. Buat artikel panjang (> 2500 kata)
  4. Sediakan tombol share. 3 tempat tombol share yang efektif, di awal konten, di akhir konten, di samping konten (ikut turun ketika di scrol)
  5. Minta mereka untuk share

 

9. Bangun tribe promosi silang dan Hubungi mereka yang sudah pernah share konten sejenis

Tahapan untuk tribe mulainya seperti ini:

  1. Temukan 2-5 blogger dalam topik yang sama dan “level”-nya sama
  2. Tulis komentar di blognya (jangan komentar untuk kerjasama)
  3. Tunggu sampai komentar anda dibalas
  4. Kirimkan email, ajak untuk kerjasama

Kerjasama yang anda lakukan bisa dalam bentuk saling memasang backlink dalam konten, saling Tweet, email ke subscriber, dsb.Ini biasa disebut dengan istilah Tribe.

untuk menghubungi mereka yang sudah pernah share konten sejenis adalah:

Pertama-tama, cari konten yang sejenis dengan konten anda.Biasanya dalam proses riset saat membuat artikel kita sudah menemukan banyak artikel yang sejenis. Simpan link-link artikel tersebut.Kalau belum ada, ikuti langkah berikut. Buka BuzzSumo. masukkan kata kuncinya dan lihat sharer nya Langkah selanjutnya adalah temukan alamat emailnya.Kirimkan email untuk kerjasama atau untuk merekomendasikan tulisan anda.

Kalau tidak ada emailnya, langsung mention via Twitter.Teknik ini mudah, dan manfaatnya besar.

Sekarang, lakukan ini…

Ilmu sebaik apapun tidak akan berguna kalau tidak diaplikasikan.

Jadi ini tugas anda:

  1. Pastikan konten anda sudah memenuhi standar kualitas, dan topiknya dibutuhkan oleh orang lain.
  2. Temukan situs komunitas yang tepat.
  3. Bergabung di dalamnya, bagikan ilmu yang anda ketahui kepada komunitas tersebut sebelum mulai mempromosikan konten.
  4. Pastikan sudah ada tombol share dan form pendaftaran email di website anda.
Advertisements