Email Marketing

Jenis Lead Magnet yang populer

Sebenarnya ada banyak jenis lead magnet. bahkan mungkin kalau semuanya disebutkan satu per satu, ada puluhan sampai ratusan jenis. Yang jelas, semua lead magnet punya 1 kesamaan yaitu diberikan secara gratis. Karena gratis, maka sebaiknya lead magnet sifatnya tidak terlalu besar apalagi susah dibuat.

Berikut jenis-jenis lead magnet yang paling sering digunakan.

1. Ebook

Kalau anda memilih ebook, maka ebook tersebut harus memenuhi syarat berikut:

  1. Topiknya benar-benar bermanfaat (dibahas dalam bab selanjutnya)
  2. Dikemas dalam desain yang indah

Pembuatan ebook bisa memakan waktu 2-8 jam, tergantung seberapa tebal isinya.

 

2. Artikelyang dijadikan PDF

Contoh kerjanya seperti ini:

Misalnya anda punya suatu artikel atau beberapa artikel dalam satu seri yang sangat panjang. Lebih dari 3000 kata.Karena panjang, pengunjung tidak sempat baca sekaligus.Tapi karena isinya bermanfaat, sebagian dari pengunjung ingin menyimpan halaman tersebut supaya bisa dibaca secara offline atau dicetak.Disinilah kita sediakan file PDF-nya.

Pembuatan lead magnet jenis ini memakan waktu kurang dari 10 menit, asalkan anda sudah punya artikelnya.

3. Kupon Diskon

Banyak platform toko online yang sudah menyediakan fitur ini langsung. Jadi anda tinggal menulis nama kuponnya, selesai.

Selain itu, dengan menyediakan kupon berarti penjualan anda juga akan langsung meningkat.

 

 

 

4. Free Trial

Ada 3 jenis free trial:

  1. Masa percobaan gratis selama durasi tertentu
  2. Versi demo yang fiturnya terbatas
  3. Produk freemium yang punya versi gratis dan versi berbayar

Mana yang lebih bagus? Tergantung dari produknya sendiri.

 

 

 

 

5. Seri panduan via email

Dengan memberikan seri panduan via email, maka kita membiasakan mereka agar selalu membuka email. Karena mereka tahu ada sesuatu yang bermanfaat di dalamnya.

Sehingga persentase orang yang membuka email anda jadi lebih banyak.

gunakan email service provider seperti MailChimp untuk mengirimkan kontennya secara otomatis kepada mereka yang mendaftar selama beberapa hari ke depan.

6. Swipe file

Dalam dunia marketing, swipe file artinya suatu koleksi berisi berbagai template yang digunakan oleh orang lain dan terbukti hasilnya bagus.

Swipe file ini bisa digunakan sebagai sumber inspirasi.

atau kalau anda seorang trainer Maka anda bisa memberikan swipe file yang berisi contoh-contoh presentasi yang bagus sebagai lead magnet.

 

7. Checklist atau cheatsheet

Checklist ini berupa 1-2 lembar (bisa dalam format PDF) yang isinya berbagai hal atau langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh pembaca.Checklist tersebut akan di-print oleh pembaca untuk mereka pegang agar tidak ada persiapan yang kelewatan.

Misalkan anda ingin membuat lead magnet tentang wawancara kerja.Biasanya sebelum wawancara kerja, ada persiapan yang perlu dilakukan. Ya kan? Seperti menyiapkan pakaian, berkas-berkas, dan latihan menjawab pertanyaan.

 

8. Kontes berhadiah

Kita menyediakan kontes berhadiah untuk satu orang pemenang (atau lebih). Orang yang ingin ikut harus mendaftarkan emailnya.Pemenangnya akan dipilih secara acak. Tetapi peserta yang berhasil mengajak paling banyak orang lain untuk bergabung akan mendapatkan kemungkinan lebih tinggi untuk menang.

Membuat kontes seperti ini tidak sulit.Anda hanya butuh WordPress dan plugin bernama KingSumo. Plugin ini yang akan secara otomatis mengurus sistemnya.

9. Daftar “sesuatu” yang anda gunakan

Misalnya si Budi seorang bodybuilder atau binaragawan. Dia punya blog yang berisi panduan dan tips seputar fitness, bodybuilding, dan sebagainya.Lalu dia membuat lead magnet isinya daftar alat-alat training yang digunakan, daftar suplemen, pakaian dan kelengkapan training favoritnya, jadwal latihan yang dia ikuti, dll.

Itu yang saya maksud dengan “sesuatu” yang dia gunakan.Orang-orang biasanya butuh rekomendasi yang terbaik.Dengan menyediakan daftar ini, pengunjung blognya bisa dengan mudah mengetahui mana yang terbaik dan sudah dibuktikan sendiri oleh Budi.

10. Seri panduan dalam bentuk video

Cara kerjanya sama seperti seri panduan email, hanya bentuknya yang berbeda. Kita menggunakan video.

Dibandingkan artikel, PDF, dan ebook, video punya nilai yang lebih tinggi sehingga akan lebih banyak pendaftar.

11. Konten eksklusif untuk anggota

Bedanya, di sini kita memberikan banyak konten.Lead magnet jenis ini digunakan oleh Copyblogger. Mereka menyediakan fitur keanggotaan gratis. Orang-orang yang mendaftar akan mendapatkan akses ke dalam halaman yang berisi banyak konten gratis.

12. Spreadsheet

Spreadsheet (file dari Microsoft Excel atau Google Sheets) itu bisa digunakan untuk berbagai hal.

Bisa untuk sekedar menyimpan informasi dalam bentuk tabel, atau bisa juga sebagai alat bantu untuk menghitung dan mengolah data.

13. Template

Template di sini bisa dalam berbagai hal. Contohnya template desain sampul ebook, template desain halaman Microsoft Word, template presentasi di PowerPoint, atau template blog WordPress.

Bisa juga template surat lamaran kerja, business plan, dan sebagainya.

14. Webinar atau rekaman webinar

Untuk yang belum pernah dengar, webinar itu web seminar atau seminar online.

Jadi intinya anda mengadakan seminar secara live terhadap suatu topik. Orang-orang yang ingin ikut akan mendaftarkan emailnya.

15. Komunitas eksklusif

Bergabung di dalam komunitas dan berdiskusi bersama orang lain dengan tujuan yang sama bisa jadi sesuatu yang berharga. Contohnya komunitas orang-orang yang ingin memulai bisnis, di dalamnya para anggota biasa saling berdiskusi apabila mereka menemui kesulitan.

16. Software, aplikasi, atau tool gratis

Yang namanya software, pasti membuatnya juga tidak mudah. Tapi justru karena sulit dibuat maka konversinya akan jadi sangat besar dibandingkan file PDF yang umum.Salah satu yang paling mudah dibuat yaitu aplikasi kuis.Misalnya kuis kepribadian. Pengunjung akan menjawab berbagai pertanyaan untuk mengetahui kepribadian mereka. Kemudian jawabannya dikirimkan lewat email.

 

 

 

Advertisements