Email Marketing

9 Tips membuat Lead Magnet yang efektif

email-lead-magnet

1. Buat lead magnet yang spesifik terhadap konten

Buat Lead magnet yang isinya berhubungan dengan apa yang sedang dijelaskan di dalam konten tersebut. Para pembaca merasa bahwa mereka butuh isinya. butuh penjelasan lebih lanjut,butuh lebih banyak informasi dll. kalau sesuai dengan kontentnya biasanya konversinya tinggi.

2. Buat lebih dari satu lead magnet

kalau anda punya banyak konten yang topiknya berbeda, tentunya anda juga akan butuh banyak lead magnet. ini tidak wajib, tapi efektivitasnya akan jadi lebih besar.Lebih bagus lagi kalau kita punya 2 jenis:

  1. Lead magnet yang sifatnya umum dan nilainya tinggi, misalnya ebook. Tampilkan di seluruh halaman website
  2. Lead magnet lainnya yang spesifik terhadap konten. Tampilkan sebagai bonus ketika pengunjung membaca konten tersebut

3. Lakukan segmentasi email list

Dalam setiap proses jual-beli, terutama untuk produk yang bukan kebutuhan sehari-hari, pasti melewati 3 tahapan (Awareness, Consideration, Decision). Supaya upaya marketing kita efektif, orang-orang yang berada di masing-masing tahapan tersebut harus kita bedakan.

 

4. Jelaskan manfaat apa yang akan mereka dapatkan

Misalnya ada lead magnet yang judulnya seperti ini: Download template business model canvas, gratis!

Lebih dari 50% orang yang mengunjungi website anda adalah orang yang awam. Maka dari itu, jelaskan secara singkat apa yang akan mereka dapatkan dan apa manfaatnya untuk mereka.

5. Lakukan A/B test

A/B test itu pengujian yang dilakukan terhadap 2 (atau lebih) elemen dalam kondisi yang sama.Dalam hal ini, yang diuji adalah lead magnet dan optin formnya. Tulisannya, isinya, atau desainnya.

6. Manfaatkan social media untuk mendapatkan banyak peminat

Promosikan lead magnet anda ke komunitas-komunitas di social media dan forum supaya bisa langsung mendapatkan banyak subscriber.Orang-orang di social media dan forum online biasanya suka kalau diberikan gratisan.

7. Coba lead magnet yang tidak gratis?

Akan lebih sedikit orang yang tertarik, tapi list anda akan jadi lebih berkualitas karena diisi oleh orang yang benar-benar berminat dan rela mengeluarkan uang. Maka dari itu, coba membuat lead magnet yang tidak gratis, tapi harganya sangat murah.Karena banyak orang yang sebetulnya tidak akan tertarik untuk membeli produk atau layanan dari anda. Mereka cuma ingin gratisan.

8. JANGAN memberikan janji palsu

Kalau anda buat janji palsu, saya yakin pasti banyak yang akan tertarik dan mendaftar. Tapi setelah mereka tahu bahwa isinya omong kosong, mereka akan jadi benci dengan anda. Hal-hal seperti ini justru akan merusak reputasi.

9. Rencanakan langkah selanjutnya setelah mereka mendaftar

selalu kirimkan sesuatu minimal sebulan sekali ke email list. Kalau tidak, mereka akan lupa dengan anda.Ini beberapa contoh yang bisa anda kirimkan:

  1. Ucapan selamat datang
  2. Ajakan untuk berdiskusi
  3. Konten yang bermanfaat bagi mereka
  4. Promosi

Setelah membuat lead magnet, langsung persiapkan konten dan email yang akan anda kirimkan kepada pada subscriber.

Advertisements