Email Marketing

Cara Mencari Topik Lead Magnet yang baik

Kita semua tahu bahwa umumnya orang-orang itu kalau mau membeli sesuatu pasti tidak akan langsung beli. Kecuali kalau harganya murah atau memang kebutuhan sehari-hari. Ada tahapan yang dilalui. itulah yang dinamakan Buyer’s journey. sebelum lebih lanjut membahas kita pelajari dulu buyers journey. tahapan itu adalah:

  • Awareness (Orang itu sadar kalau punya masalah dan setelah berpikir dia tau solusi yang harus di kerjakannya)
  • Consideration (setelah tau solusinya, orang ini bingung untuk memilih, mana solusi yang terbaik buat dirinya)
  • Decision (setelah menimbang2, memilih2 akhirnya dia memutuskan untuk beli)

kurang lebih itulah tahapan orang ketika membeli sesuatu. berikut cara menentukan lead magnet yang baik.

*Bagianda yang sudah punya website, konten, dan pengunjung

  • Pertama, buka Google Analytics anda.
  • Selanjutnya pilih Behavior
  • Site Content
  • All Pages.

(Kalau anda belum pernah memasang Google Analytics, silahkan pasang dulu lalu tunggu 1-2 hari supaya berisi data )Setelah itu akan muncul halaman-halaman di website anda yang paling sering dikunjungi, catat 10 halaman teratas. Selanjutnya, nilai sendiri halaman tersebut dengan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apakah isinya berhubungan erat dengan yang anda jual?
  • Lihat buyer’s journey di atas. Termasuk yang mana halaman tersebut?
  • Apa yang ingin pengunjung ketahui dari halaman tersebut?

Setelah itu, pilih salah satu jenis lead magnet yang paling pas untuk halaman tersebut.

Contoh: Kalau misalnya website anda menjual AC. Ternyata halaman teratas anda berisi penjelasan terhadap suatu merek dan tipe AC. Ini artinya pengunjung yang datang di konten tersebut sedang mempertimbangkan untuk membeli merek tersebut. Tugas anda adalah mendorong mereka untuk membeli.Jadi, anda bisa membuat lead magnet yang berisi informasi tentang tipe AC tersebut serta perbandingannya dengan tipe lain.

*Bagi yang belum punya website dan pengunjung

Cari website lain dalam topik yang sama dengan anda Lakukan pencarian di Google.Lebih bagus lagi kalau anda bisa mencari dalam Bahasa Inggris. Karena situs luar negeri biasanya lebih banyak dan lebih bagus daripada Indonesia.kita lihat yang di peringkat pertama.

Cari penawaran yang ada di website tersebut Biasanya website besar selalu punya suatu penawaran tertentu untuk para pengunjungnya. Entah itu gratisan atau berbayar. Tidak harus selalu dalam bentuk lead magnet. kalau mau jual buku ya cari aja judul buku yang fantastis,

Cari artikel terpopuler di website tersebut Kalau cara di atas belum cukup, masih ada 1 cara lagi.Dengan mencari artikel terpopuler dari website yang anda temukan. bisa di cari di  BuzzSumo.masukkan alamat website yang ingin anda analisa di kolom yang tersedia. Setelah itu akan muncul daftar artikel terpopuler dari websitenya. nah dari situ kita bisa simpulkan dan pelajari sendiri sehingga bisa di buat untuk jadi lead magnet.

Advertisements