Email Marketing

Cara Mengirimkan Lead Magnet Otomatis

Ada 4 tool yang bisa di gunakan untuk mengirim lead magnet secara otomatis. dari yang gratis sampai yang berbayar. Berikut saya sampaikan masing2 kelebihan dan kekuranganya dulu.

Ini kelebihan dari LeadPages:

  • Sangat mudah digunakan
  • Bisa digunakan di website manapun
  • Bisa juga untuk membuat landing page, anda harus punya website sendiri
  • Punya fitur A/B test
  • Punya fitur tracking dan analytics yang sangat lengkap
  • Lead magnet dikirimkan secara otomatis lewat email

Ini kekurangan dari LeadPages:

  • Lebih mahal daripada pilihan lainnya
  • Desain landing page dan optin form tidak terlalu fleksibel, meskipun pilihannya ada banyak
  • Banyak fitur yang mungkin tidak anda butuhkan
  • Butuh biaya tambahan untuk email service (seperti MailChimp atau Aweber)

Ini kelebihan dari ThriveLeads:

  • Desain sangat fleksibel
  • Punya banyak jenis optin form
  • Punya fitur A/B test
  • Punya fitur analytics yang cukup lengkap
  • Bisa mengirimkan lead magnet secara otomatis, tapi butuh email service provider tambahan untuk menggunakan fitur ini
  • Hanya perlu bayar sekali seumur hidup

Ini kekurangan dari ThriveLeads:

  • Hanya bisa digunakan di WordPress
  • Kalau anda punya banyak website, semua data terpisah di masing-masing website
  • Sedikit lebih rumit kalau anda punya banyak lead magnet
  • Butuh biaya tambahan untuk email service (seperti MailChimp atau Aweber)
  • Tidak (belum) bisa digunakan untuk melakukan segmentasi, kecuali kalau anda menggunakan email service seperti ConvertKit atau ActiveCampaign

Ini kelebihan ConvertKit:

  • Bisa langsung membuat landing page, tidak butuh website
  • Tidak butuh email service tambahan seperti MailChimp atau Aweber karena sudah termasuk di dalamnya
  • Lead magnet dikirimkan secara otomatis lewat email
  • Punya fitur otomatisasi yang lebih canggih daripada email service lain
  • Relatif murah dibadingkan fitur-fitur yang diberikan

Ini kekurangannya:

  • Belum banyak pilihan desain landing page dan optin form (tetapi bisa diintegrasikan dengan ThriveLeads)
  • Belum bisa digunakan untuk mendapatkan informasi selain nama dan email (misalnya no. Telepon)
  • ConvertKit masih tergolong baru, integrasinya belum terlalu banyak kalau dibandingkan dengan email service lain

Ini kelebihan MailChimp + SumoMe:

  • SumoMe punya versi gratis
  • MailChimp gratis sampai 2000 subscriber pertama

Ini kekurangannya:

  • Pengaturan awal lebih repot
  • Lead magnet tidak bisa dikirimkan secara otomatis, harus dikumpulkan di dalam satu halaman
  • SumoMe versi gratis fiturnya sangat terbatas, sedangkan versi premiumnya mahal
  • MailChimp versi gratis tidak bisa mengirimkan email secara otomatis
  • Tidak bisa melakukan segmentasi

Cara Mengirimkan Lead Magnet Secara Otomatis

Kali ini saya akan menggunakan yang gratis yaitu dengan mailchip+sumome. Berikut langkah2nya.

1: Daftar akun di MailChimp dan buat list baru

Pendaftaran di MailChimp gratis. Kalau anda belum punya akun, silahkan buat dulu. klik disini untuk menuju mailchip Kemudian buat list baru. Caranya, masuk ke menu List, dan klik tombol Create List:

Membuat-list-baru-di-MailChimp

2: Instalasi dan daftar akun SumoMe

Silahkan menuju SumoMe lalu masukkan alamat website anda. Lanjutkan dengan memasukkan alamat email dan password. Setelah itu anda akan dibawa ke halaman ini:

Cara-mendaftar-di-SumoMe

Di halaman ini ada panduan instalasi untuk WordPress, Blogger, Tumblr, dan platform website lainnya, tinggal pilih aja yang anda pakai apa dan klik.namun Kalau anda tidak menggunakan CMS, copy kode JavaScript yang diberikan. Setelah itu paste di bagian heading HTML anda.

Setelah itu, anda akan melihat kotak biru seperti ini di pojok kanan atas website anda:

my

Klik, lalu buka Sumo Store.

Install aplikasi bernama List Builder.1

Langah 3: Mengintegrasikan SumoMe dengan MailChimp

Buka List Builder yang baru anda install tadi.

4

Di menu sebelah kiri, klik Services. Kemudian klik logo MailChimp (paling atas). Akan muncul jendela popup.di klik dan di save.

Langkah 4: Mempersiapkan halaman konfirmasi dan halaman lead magnet

Buat 2 halaman ini di website anda:

Pertama, halaman konfirmasi: pengunjung akan dibawa ke halaman ini setelah mereka mendaftarkan emailnya. Tulis instruksi yang meminta mereka membuka email dan klik tombol konfirmasi dari MailChimp.

Kedua, halaman terima kasih: setelah menekan tombol konfirmasi, mereka akan dibawa menuju halaman ini. Upload lead magnet anda kemudian taruh link-nya di halaman ini. Jangan lupa ucapkan terima kasih.

Langkah 5: Pengaturan List Builder SumoMe

Buka lagi aplikasi List Builder anda dengan cara yang sama seperti di atas. Kemudian pilih menu Design di sebelah kiri.

Ubah tulisan dan warnanya sesuai selera anda. Kemudian save.

Selanjutnya, klik menu Behavior di sebelah kiri.

Atur Mode dan Frequency sesuai keinginan anda. Saya biasanya menggunakan Manual, display after 60 seconds, dan frequency 4 days. Setelah itu ganti Success Redirect URLnya menjadi link ke halaman konfirmasi anda.

Langkah 6: Pengaturan terakhir MailChimp

Satu langkah lagi, Buka MailChimp, masuk ke menu List dan klik nama list yang baru anda buat tadi.

Kemudian masuk ke menu Signup Forms. Pilih General Forms:

3

selanjutnya ikuti gambar berikut.

Tanda panah kedua adalah halaman yang berisi lead magnet anda.

Selesai.

Sekarang setiap kali ada yang mendaftar, mereka akan dikirimkan link konfirmasi dan dibawa ke halaman lead magnet anda. lead magnet anda siap di promosikan.

 

 

Advertisements