Email Marketing

Membagun kerangka Bisnis Digital yang menguntungkan

Apa yang anda pikirkan dengan kata dunia bisnis digital??jangan berangapan bahwa bisnis digital hanya sekedar berjualan di facebook, instagram,twiter dll. kita tahu bahwa perkembangan bisnis digital akhir2 ini sangat pesat dan jangkauanya sangat luas. jadi lingkupnya bukan sekedar di sosial media saja. Fungsi dari digital hanyalah sebuah salah satu tool untuk membantu goal anda dengan secepat mungkin.

Sebelum anda membuat bisnis, mulailah pikirkan ini

  • Golnya apa?tujuannya apa?mau duit apa mau repot?kalau mau duit pikirkan strategi yang efektif dan efisien. lihat peluang yang ada di sekitar kita.
  • Profitnya berapa?tentukan jumlah profit yang mau di hasilkan. buat sekenarionya dan breakdown target profit yang anda tentukan.supaya mudah di capai.

“Perlu anda ketahui bahwa kesuksesan anda 85% itu ditentukan oleh diri anda sendiri yaitu dari cara anda bernegosiasi,berkomunikasi dll. cuma 15% dari pengetahuan teknis

Untuk memulai membuat kerangka bisnis digital, yang pertama harus anda tau adalah

  • Customer. target customer anda itu siapa,ketahui customer anda lebih jauh
  • Product. produk yang di tawarkan harus mengandung solusi
  • Channel. cara mempromosikan bianis anda apakah lewat website,online,offline shop,tv dll
  • Customer relationship, bagaimana anda membangun hubungan dengan customer anda.
  • Revenue.pikirkan sumber keuangannya dari mana saja.
  • Key resources. aset apa saja yang anda miliki.
  • Key Activity. kegiatan apa saja yang harus dilakukan supaya bisnis anda jalan
  • Patner. siapa saja yang akan menjadi patner menjalankan bisnis kita.patner yang di luar bisnis anda seperti reseller,expedisi dll
  • Cost. pertimbangkan secara detail semua biaya yang di keluarkan.

Alur jalannya bisnis itu di mulai dari:

  • Atract interest.ini adalah dimana anda mendapatkan trafik.
  • Menangkap database, kumpulkan database anda yang bisa di peroleh dari email.wa.bbm,line, dll
  • Mengenalkan mereka produk anda.kenalkan semua orang yg ada di database produk anda.ingat, audience itu malas, kita harus jemput bola.jangan menunggu mereka mencari tahu.
  • Penjualan.tingkatkan penjualan semaksimal mungkin dengan strategi harga yang kompetitif.
  • Deliver and satisfied. kasusnya orang indonesia itu bilang beli tapi belum tentu bayar. anda harus mengejar2. maka dari itu tingkatkan pelayanan dan pikirkan cara copywriting yang baik untuk mengkonfirmasi ke pelanggan tersebut.
  • Reveral. mengajak orang menjadi reseler atau patner anda dengan sistem komisi.

Cara untuk meningkatkan bisnis anda

  • Meningkatkan trafik artinya menambah jumlah pengunjung ke website anda
  • Meningkatkan frekuensi, kalau sebulan orang beli 1x, gimana caranya anda harus meningkatkan jadi sebulan beli 2x  dalam sebulan dst.
  • Increase product, bagaimana caranya orang yang biasanya hanya beli 1 jenis produk jadi ingin beli 2 macam produk.

 

Kategori customer

Tidak semua orang ketika kita tawarkan produk kita orang itu langsung mau membeli produk kita. ada prosesnya. namanya buyer’s journey. Mulai dari memikirkan,menimbang dan memutuskan untuk beli. disinipun ada berbagai macam kategori customer.

Ada 3 kategori customer.

  • Coll trafik yaitu orang yang tidak tau anda dan bisnis anda sama sekali.
  • Warm trafiic yaitu orang yang tau tentang anda tapi belum pernah transaksi dengan anda.
  • Hot trafic yaitu orang yang sudah tertarik dan transaksi dengan anda.

Berikut proses membawa trafik dari coll menjadi hot ada 5 proses.

 

  • Lead magnet, ini membawa orang dari titik A ke B hanya bergerak sedikit. diberikan produk secara gratis untuk mendapatkan email atau no telephone. Supaya nanti bisa memfollowup pembaca. cth ebook,quiz,toolkid
  • Trip wire. adalah suatau penawaran untuk membuat mereka maju sedikit ke titik C. Beri produk dengan harga yang murah. tujuanya untuk membuat pembaca menjadi pembeli dengan promosi dan meningkatkan kepercayaan.cth webinar,sofwere,buku, dll
  • Core offer yaitu membawa orang untuk mencapai goalnya.yaitu ketika orang sudah percaya dan sudah tau kualitas produk anda akhirnya mereka memutuskan untuk membeli produk anda. harganya lebih mahal dari tripwire.
  • Profit maximizer, Ketika sudah dapat pelanggan langkah selanjutnya memaksimalkan profit yang ada.
  • Return part, buat orang yang udah membeli di website anda akan kembali lagi. bisa memanfaatkan email,telephone dll yang sudah di dapatkan tadi.

Kalau anda sudah melakukan semua cara diatas namun belum berhasil dalam melakukan bisnis digital ini lakukanlah TOTE (tess,operate,test,exit.) selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Advertisements