Copywriting

Belajar Copywriting

Banyak orang di luar sana yang melakukan penjualan, mereka kebanyakan mencantumkan informasi fitur, manfaat, harga, dan cara untuk melakukan pembelian,setelah itu selesai.

Lalu apa yang terjadi? hanya biasa biasa saja, bahkan tidak ada satupun yang membeli produk anda. Padahal di sisi lain ada saingan anda yang menjual produk yang SAMA PERSIS. Bedanya, dia punya lebih banyak pembeli.dan pembelinya sangat antusias dengan barang yang dijual.

Mengapa bisa begitu?

Mereka menggunakan suatu teknik pemasaran yang bisa menyihir orang lain untuk membuat mereka bukan hanya “ingin” membeli tetapi “harus” membeli. Inilah yang dinamakan teknik Copywriting. Kalau anda memasarkan produk ke 100 orang sebelumnya hanya terjual ke 1 orang, tapi dengan teknik copywriting yang tepat sekarang ada 5 pembeli naik 5x lipat.

Ini secara gampangnya. Copywriting bisa dikatakan sebagai kegiatan menulis teks  yang digunakan untuk iklan atau memasarkan produk, jasa, tokoh, ide atau pendapat.

Kalau ditinjau dari arti perkata

Copy: Teks yang digunakan dalam penjualan atau pemasaran, biasanya kita temui di landing page, iklan, website, brosur, dan lain-lain.

Meskipun dalam perkembangannya, copy bukan lagi hanya teks. (berbeda dengan copy yang berarti salin)

Copywriting: Proses/teknik menulis copy. (penulisnya disebut copywriter)

Mengapa skill copywriting sangat dibutuhkan??

“Cuma nulis.. apa susahnya sih? Di pelajaran Bahasa Indonesia jaman sekolah dulu kan sudah?”

Tidak sama.Melakukan penjualan itu tidak mudah. Apalagi kalau anda hanya boleh menggunakan media berupa teks, gambar, atau video. Jauh lebih sulit. Anggaplah ada sebuah perusahaan yang melakukan pemasaran digital secara menyeluruh.

Maka mereka memerlukan:

  1. Landing page
  2. AdWords
  3. Facebook Ads
  4. YouTube Ads
  5. Iklan TV dan radio
  6. Konten website
  7. Konten social media
  8. Konten email marketing
  9. ….dan masih banyak lagi

Agar semuanya efektif dan menghasilkan rasio konversi atau penjualan yang tinggi, maka dibutuhkan teknik copywriting. Itulah mengapa skill copywriting sangat dibutuhkan. Dengan menjadi copywriter yang handal anda akan mampu meningkatkan penjualan, loyalitas customer, dan referral. Bayarannya berkali-kali lipat lebih tinggi daripada penulis biasa.

Advertisements