Copywriting

3 Langkah membuat iklan yang menjual

Sebelum menulis

1. Menentukan target pelanggan ideal anda.

Penyebab utama orang gagal menjual produk yang bagus, bukan karena iklan mereka yang jelek. Namun taargetnya yang salah. Orang yang bukan pelanggan ideal mungkin tertarik membaca iklan anda. Tetapi mereka tidak membeli produk anda. Seorang pengangguran saja suka membaca iklan harley davidson, tetapi percuma mereka tidak akan mampu membelinya. Anda harus fokus pada orang yang tepat.orang yang tepat adalah:

  • Orang yang benar-benar menginginkan produk anda dan
  • Siap membelanjakan uangnya untuk memilikinya.

Bagaimana cara menemukan mereka?? gampang..cukup pikirkan saja seseorang yang paling mungkin membutuhkan produk anda.jadi pemilihan target konsumen ideal terkait dengan 2 hal.

  • Apakah oran itu punya masalah dimana produk anda menjadi solusinya?
  • Apa konsekuensi (Potensi kerugian lebih besar ) jika mereka tidak membeli produk anda.orang gampang mengeluarkan uang untuk produk yang berjanji menghindarkan resiko.

2. Menemukan keunggulan produk

Bila anda belum menampilkan keunggulan produk anda dalam iklan, konsumen berasumsi produk anda bukan untuk mereka, meskipun sebenarnya itulah yang mereka cari. Konsumen membeli manfaat produk anda. sampaikan keunggulan produk dengan mengedepankan penulisan fitur(fakta) dan manfaat dari produk tersebut. Jangan sampai tidak di tulis.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

3. Menyiapkan fakta2 pendukung kredibilitas

Konsumen membeli dari penjual yang mereka percaya. sampaikan bukti pendukung untuk meningkatkan kredibilitas anda dimata konsumen. untuk mendapatkan fakta2 yang ada. anda bisa dengan menjawab pertanyaaan seperti di bawah ini

  • Sapakah diri anda?artinya siapkan biodata diri anda mulai dari nama,alamat,merek produk,tahun pendirian perusahaan,contact person,alamat kantor?
  • Adakah testimonial dari tokoh atau orang berpengaruh?
  • Penghargaan atau award atau sertifikan pendukung lainnya jika punya.
  • Apakah anda memberikan diskon?menjual produk terbatas?atau membatasi pembeli atau tidak?
  • Berapa jumlah pengikut di sosmed?
  • dan lain-lain

4. Membuat penawaran tak tertahankan.

Penawaran adalah hal terpenting dalam iklan, tanpa penawaran bukan iklan namanya. penawaran bisa berbentuk apapun, seperti proses kerja lebih cepat,menawarkan produk harga yang sama tetapi volumnya lebih besar,menonjolkan perbedaan produk anda dengan pesaing, kemudahan pembayaran dll.

Rahasia menulis penawarna adalah dengan memberikan penawaran susulan sebagai pendukung penawaran utama. Sebagai pemanis kesepakatan yang akan diperoleh setelah customer membayar.

Waktu menulis Iklan

Untuk menulis iklan harus ada formulanya. Formula membantu anda untuk bergerak dari satu paragraf ke paragraf lain. Formula copywriting itu seperti resep bagi koki, seperti pola baju bagi desainer,seperti rumus bagi insinyur. Agar anda lebih cepat memahami berikut saya tampilkan dalam bentuk grafis struktur.

ggg

Sampaikan semua apa yang sudah menjadi formula2 struktur body iklan di atas dengan jelas ke customer. Sehingga mereka sudah gamblang dengan iklan yang mereka baca. Berikut saya beri contoh template iklan online dengan  menggunakan formula di atas. Anda tinggal memasukkan semua bahan dari Langkah Pertama kedalam setiap template.

(Istilah/sebutan/nama calon konsumen)
Sekarang Anda bisa (masukkan penawaran Anda)
Bukan hanya itu, (masukkan pemanis kesepakatan 1)
Plus, (Masukkan pemanis kesepakatan 2)
Anda tahu kami selalu menyeleksi ketat (nama produk atau nama bahan baku produk)
sebelum diproduksi/dikirim/dijual. Sejak (nama merek/usaha) berdiri (tahun), belum
satupun pelanggan yang mengembalikan/mengeluhkan produk kami
Tapi kami akan merasa lebih adil jika Anda mencoba/mengecek/memakai sendiri.
(nama produk/jasa Anda), Jika Anda tidak menyukainya dengan atau tanpa alasan
sama sekali, Anda boleh membatalkan/mengembalikan (nama produk) ke (alamat
Anda) dan menerima kembali 100 % uang Anda. Resiko sepenuhnya dipundak
kami.
Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya apa yang membuat (nama produk/jasa Anda)
istimewa ?
 (Fitur/fakta). (Manfaat fitur)
 (Fitur/fakta), sehingga (Manfaat )
 (Manfaat), karena (fitur/fakta)
Sayang sekali produksi kami terbatas. (Masukkan efek kelangkaan). Jadi penting bagi
Anda untuk memesan (Nama produk) sedini mungkin.
Anda cukup menelpon/SMS/mengirim ke (nomor telepon/alamat email). Ada (nama
staff pemasaran Anda) menunggu Anda diujung telepon/yang akan membalas email
Anda sebelum 1 X 30 menit..
Memesan (nama produk/jasa) sekarang, berarti Anda tidak perlu repot (konsekuensi
atau resiko lebih besar yang diitanggung konsumen akibat tidak membeli
produk/menggunakan jasa Anda).
Segera pesan sebelum Anda kehabisan. Hubungi kami sekarang di (nomor telepon

Setelah menulis iklan

Langkah terakhir setelah menulis iklan sebelum iklan Anda benar-benar siap dipublikasikan adalah mengeditnya dan membuat ceklist. berikut 8 tips mengedit naskah iklan.

Tips #1. Baca dengan suara keras. Jika terdengar buruk saat diucapkan, maka kalimat itu
juga buruk saat dibaca. Yang harus diperhatikan ketika membaca keras adalah transisi antar paragraf dan nada suara anda.

Tips #2. Gunakan kata kongkret. Hilangkan kata2 yang ambigu dan bertele2.contoh, Kami menawarkan biji Kopi Arabika berkualitas internasional kata kongritnya >>Kami menawarkan biji Kopi Arabika Grade 1 bersertifikat ekspor.

Tips #3. Buang kata-kata tidak perlu. Ada se-kelompok kata-kata yang hanya menambah panjang iklan Anda. Menghapus kata-kata tersebut, bukan hanya mengubah kalimat Anda menjadi lebih
pendek, tapi juga lebih bertenaga. Jika makna kalimat Anda tidak berubah setelah menghapusnya, itu berarti kata tersebut tidak diperlukan.seperti kata sambung bahwa,adalah,sangat,dll. Contoh, sebaiknya Anda buru-buru memesan karena produksi kami sangat terbatas >>Sebaiknya Anda buru-buru memesan karena kami hanya memproduksi 4 unit/bulan.

Tips #4. Gunakan format scannable. Kita tau membaca di website itu tidak perkata maka dari itu gunakan format scanable. Agar iklan Anda lebih scannable, terapkan ke-4 trik berikut :

  • Tebalkan kata/kalimat
  • Variasikan ukuran font
  • Gunakan bulleted or numbered list
  • Perbanyak spasi antar paragraf

Tips #5. Gunakan paragraf pendek. Paragraf pendek juga terbukti lebih menjual, karena otak manusia lebih mudah mencerna informasi yang disajikan dalam potongan-potongan kecil. Batasi setiap paragraf Anda maksimal berisi 4-5 baris. Ingat, angka 4-5 bukan jumlah kalimat, tapi jumlah baris.

Tips #6. Hindari huruf besar & tanda seru !!!!. karena huruf besar tidak ramah dimata. Dan secara psikologis, kalimat berisi huruf besar semua memicu respon negatif pembaca. Otak manusia menanggapi huruf besar dan tanda seru sama seperti mendengar seseorang berteriak ditelinga mereka.

Tips #7. Hemat kreatifitas. Iklan bukan wadah mengekspresikan bakat seni grafis Anda. Anda tahu yang saya maksud….. Seperti menyorot baris kalimat dengan stabilo kuning…. Menambahkan animasi (GIF), tanda panah dimana-mana, teks kerlapkerlip, garis batas putus-putus… latar belakang merah-hijau, dan sebagainya

Tips #8. Periksa kesalahan ejaan & ketikan. Salah ejaan dan ketikan menunjukkan Anda tidak professional. Parahnya lagi, konsumen menghubungkan mutu iklan Anda dengan mutu produk yang diiklankan.

Begitulah tips mengedit kalimat, berikut ceklistnya.

Lembar Checklist
Nama produk : ………………………………………………………………………
Target konsumen : …………………………………………………………………
Media iklan : ………………………………………………………………………
 Judul : Apakah Anda menggunakan salah satu dari 5 template judul ?
 Apakah penawaran Anda menonjolkan proposisi yang unik ?
 Apakah Anda menawarkan minimal 2 pemanis kesepakatan ?
 Apakah Anda telah memasang foto produk beresolusi tinggi ?
 Apakah Anda sudah menyebutkan siapa diri & kredibiilitas merek Anda ?
 Apakah Ada bukti kredibilitas seperti testimoni, award, sertifikat (Opsional) ?
 Apakah Anda telah menambahkan daftar 3 – 6 fitur + manfaat ?
 Apakah Anda sudah memasukkan unsur kelangkaan ?
 Apakah Anda sudah merinci bagaiman cara memesan produk ?
 Apakah Anda telah menyebutkan alamat, nomor kontak yang benar ?
 Apakah Anda menyebutkan konsekuensi jika pelanggan tidak memesan ?
 Apakah Anda telah meminta pelanggan sekali lagi untuk memesan produk
sekarang juga di akhir iklan ?
 Apakah transisi antar kalimat mengalir lancar ?
 Apakah Anda sudah menghapus semua kata-kata formal ?
 Apakah anda menggunakan ukuran lebih besar & menebalkan huruf pada judul,
dan sub judul ?
 Apakah iklan terlihat lowong (terdapat banyak spasi) ?
 Apakah setiap paragraf tidak lebih dari 4 – 5 baris ?
 Apakah Anda sudah membuang semua kata-kata tidak perlu ?
 Apakah Anda menggunakan kata kongkret ?
 Apakah Ana memeriksa semua kesalahan ejaan dan ketikan ?

Selesai

Advertisements