Marketing

Belajar Branding Basic

Apa itu Branding??

Banyak orang yang bilang bahwa brand itu logo,brand itu merek,iklan,slogan,packaging dll,,brand itu BUKAN itu semua. Brand adalah ikatan emosi antara produk anda dengan konsumen. sebuah nama itu menjadi branding tergantung dari seberapa anda bisa menciptakan nilai dalam kontekstual.

Capture

Dalam membuat branding kita butuh slogan dan model. kenapa kita membtuhkan nya?

Karena slogan adalah keyword dan model adalah key visual. Kulture orang indonesia itu sloganistic dan simbolistic. Selalu percaya pada slogan dan simbol2. pengaruhnya sangat kuat di benak masyarakat Indonesia. Brand itu adalah nama di tambahkan dengan makna.

 

vvv

Letak posisi dan kekuatan brand.

Lihat gambar disamping, Brand itu berada di bawah permukaan. Jauh, besar dan kuat dari bawah. Lebih dari 80% brand lebih berpengaruh dari pada slogan,logo dll. kekuatanya lebih kuat dan mendasar. karena berhubungan dengan emosi manusia. Namun untuk membangun sebuah brand harus di perlukan hal-hal berikut:

  • Slogan
  • Logo
  • Merek
  • Produk

Perbedaan marketing selling dan branding. Perbedaan mendasar pada tujuan. berikut sekemanya.

i

Hubungan antara produk,merek,logo, dan brand

  • Produk >> itu Memberikan manfaat fisik
  • Merek >> itu nama pada manfaat fisik
  • Logo >> itu tanda dari manfaat fisik
  • Brand >> sudah terjadi ikatan emosi. Ikatan emsi yang paling tinggi adalah cinta.

Contoh Harley davidson. Brand harley davidson tidak lagi berbicara masalah motor. tetapi berbicara masalah freedom. Karena harley davidson sudah terkenal  dengan slogan dan brand freedom di masyarakat.

Brand itu di bangun dari 4 tingkatan.bukan di bangun dari kebutuhan dasarnya saja. seperti contoh berikut.

b

  1. Kebutuhan dasar
  2. Perasaan aman
  3. Komunitas
  4. Hero

Hasil akhir dari pada brand adalah jadi diri. Kalau mau membuat brand pertimbangkan dulu kebutuhan dasarnya apa?perasaan amannya apa yang di peroleh?dll hingga akhirnya posisi tertinggi di masyarakat brand itu sudah menjadi jati diri bagi setiap orang.

Produk memberikan manfaat fisik,brand memberikan manfaat emosional.

Brand memberikan nilai tambah. Brand bisa memberikan closing yang lebih baik. karena sudah terjadi ikan emosi. contoh harga kopi 1gelas biasanya 8rb. sama2 kopi kalau di tambahi merek starbuck harganya menjadi 48rb.lalu kenapa orang mau memberi kopi starbuck yang harganya 48rb? karena mereka sudah ada ikatan emosi. Sudah menjadi jati diri untuk setip pembelinya.

Brand lahir dari pengalaman dan mencerminkan rasa percaya. Kepercayaan itu timbul dari pengalaman. berikut pembanguna brand yang berdasarkan pengalaman

Ada 2 brand yang berawal dan di tentukan oleh pengalaman pertama.

  • Brand Heaven:di bentuk melalui interaksi positif,rasa percaya,konsisten,otoritas,kredibilitas,kalau semuanya sudah benar pasti hasilnya loyal.
  • Brand Hell: dibentuk dari interaksi negatif,tidak percaya,tidak konsisten,tidak punya otoritas,tidak kredibel dan akhirnya tidak loyal.

Pengalaman pertama sangat menentukan, kalau pengalaman pertamnya bagus otomatis brand itu akan tercipta walaupun packagingnya jelek, harganya mahal,bentuknya kurang bagus dll, jadi penentu utama terbentuknya brand adalah pengalaman pertama. Branding itu bisa dimulai ketika anda mulai membuat bisnis.

Perbedaan mendasar branding untuk barang dan orang.

  • Produk,, ketika produk terjadi kekurangan kita tidak bisa merubahnya. untuk membranding produk yang di butuhkan adalah strategi
  • Orang,,ketika terjadi kekeurangan bisa merubahnya. untuk membranding orang yang di butuhkan adalah disiplin.

 

Advertisements