Marketing

Packaging sebagai Silent Salesman

silent-salesmen-sale-slider-881x352

Seberapa penting sih Packaging??

Sangat penting karena karena dalam rangka menghadapi MEA dan serbuan produk2 dari ASEAN maka pelaku UKM wajib menggunakan internet sebagai sarana untuk pemasaran. Internet jangkauannya luas sekali, serta bisa digunakan sebagai sarana serangan balik ke negara ASEAN pada khususnya dan seluruh dunia pada umumnya.

Packaging menjadi strategis karena bisa melakukan tugas sebagai salesman yang diam atau Silent salesman. Karena secara online tidak memungkinkan untuk membayar seorang salesman melakukan penjualan. Packaging yang menarik akan dapat meningkatkan penjualan.

Fungsi Packaging

  • Proteksi untuk produk
  • Proteksi bagi konsumen,,seperti kemudahan untuk di pegang,tidak membahayakan dll.
  • Kemudahan dalam transportasi dan penyimpanan
  • Informasi produk
  • Penyesuaian lingkungan
  • Kenyamanan,,bagi konsumen maupun yang menjualnya
  • Pertimbangan Ekonomis
  • Nilai promosi,,bukan berupa hadiah,tapi lebih ke sosialisasi

Karakter salesman

  • Penampilan Menarik
  • Profesional
  • Keyakinan diri yang tinggi
  • Pengetahuan produk.bahan baku,pembuatan dll
  • Empathy.kalau di tawar jangan langsung marah
  • Memberikan solusi.
  • Care pada konsumen
  • Tidak berteriak atau hardsell.
  • Higienis,bersih penampilan dan badan.

Ketika karakter  salesman dan packaging di gabung maka akan menjadi silent salesman.Packaging yang mampu menjadi silent salesman adalah harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  1. Packaging harus memiliki penampilan menarik
  2. Packaging harus profesional
  3. Packaging harus berkeyakinan diri yang tinggi
  4. Packaging harus memahami produk,begitu orang melihat produknya sudah tau isinya.
  5. Packaging harus berempaty, memahami need and wont dari konsumen
  6. Packaging harus memberikan solusi. karena orang membeli produk ada adala orang yang punya permasalahan dengan produk lamanya.
  7. Packaging harus care kepada konsumen. tidak bikin susah cara bawanya,tidak membahayakan dll
  8. Packaging tidak harus berteriak atau hardsell. tidak harus dominan warna merah dll
  9. Packaging harus higienis. tampilan bersih dan di tata dngan rapi.

kKomponen Design Packaging
Komponen estetika: yaitu komponen yang mengandung unsur fisik,karakter dan style.

  • Ukuran dan bentuk
  • Material
  • Warna
  • Huruf
  • Grafis

Komponen fungsional:

  • Design struktur. mekanikal dari sebuah packaging
  • identitas brand personality.

Selling
Menjual produk adalah pekerjaan yang paling mudah, karena barangnya bisa di raba dan di rasa, kalau menjanjikan kualitas yang lebih baik bisa di buktikan langsung dan bisa melakukan demo. beda halnya dengan menjual yang tidak ada barangnya seperti saham,asuransi, dan ide. itu jauh lebih sulit.

Selling vs Branding
Selling menghasilkan PEMBELI dan pembeli akan mendapatkan yang di inginkan
Branding menghasilkan PELANGGAN dan pelanggan menghasilkan SIAPA.

CapturewMampukah packaging menciptakan stimulan??yang bisa menaikkan penjualan?
Sebuh packaging harus mampu menjadi perangsang atau stimulan. Buat desain packaging yang kreatif dan menarik. Buat gimana caranya supaya seseorang ketika melihat packaging botol sambal,orang itu akan merasa lapar dan menelan ludah. itu artinya packaging anda mampu memberikan stimulan. Packaging juga bisa membangun personality.

Pakar branding mengungkapkan bahwa packaging sangat berperan dalam mempresentasikan produk bisnis anda untuk memaksimalkan penjualan. jadi buatlah packaging yang semenarik mungkin.

Advertisements