Marketing

Cara Naik Gaji 3x Dalam Setahun

Banyak orang orang yang bekerja menjadi karyawan puluhan tahun namun tidak mempunyai karir dan incame yang sesuai. Mereka selama puluhan tahun bekerja hingga pensiun masih menduduki jabatan yang sama. Fenomena ini sangat menyedihkan, sungguh disayangkan kalau kita terus berkarir  tapi tanpa belajar gimana caranya meningkatkan gaji dan karir dengan benar. Karena kalau kita mau belajar, kita bisa naik gaji bahkan naik jabatan 3x dalam setahun

Ada 4 unsur fenomenal yang membuat kita sebagai karyawan bisa naik gaji 3x dalam setahun. Unsur tersebut adalah.

1. Bisa Dipercaya

Unsur utama dalam perusahaan yang paling utama yang harus anda pegang teguh adalah bisa di percaya. Bila anda tidak bisa di percaya sudah pasti anda akan dipecat,dalam bidang apapun itu. Percuma anda punya prestasi yang begitu hebat anda selalu bisa tutup target dll tetapi tidak bisa di percaya, otomatis ini akan menghambat fakor karir anda.

Bayangkan saja jika anda di promosikan naik jabatan karena prestasi anda namun karena anda terkenal orang yang tidak bisa di percaya, maka atasan anda akan mempertimbangkan lagi kenaikan tersebut. Bahkan bisa jadi anda malah tidak jadi dinaikkan jabatanya karena takut disalah gunakan. Kalau kita tidak bisa dipercaya, selesai di babak pertama,Ujung2nya anda akan di blacklist,di pojokkan, gaji anda akan tetap tidak di naikkan dibuat supaya anda tidak nyaman dan akhirnya anda keluar dengan sendirinya.

Saran saya anda harus bisa di percaya, mulai dari hal2 kecil sampai yang besar.

2. Punya Nilai Tambah / Keunggulan

Gampangnya begini, jujur adalah nilai tambah. Tetapi kalau semua orang itu jujur, maka jujur itu nilai standar. Kalau anda mencapai target, itu adalah nilai tambah, tetapi kalau semua orang bisa mencapai target,itu adalah nilai standar. Lantas,nilai tambah kita apa??

Ukurannya kita mempunyai nilai tambah atau tidak sangat sederhana.Kalau di perusahaan anda 90% akan di pecat, anda di bagian mana?yang ikut di pecat atau di pertahankan. Kalau anda yakin di 10% yang di pertahankan, pertanyaannya,anda punya nilai tambah apa? nah itu yang anda harus pikirkan.

Cara membuat nilai tambah

  1. Menjadi yang terbaik dalam bidang apapun. Lalu cara menjadi yang terbaik itu gimana??cara menjadi yang terbaik adalah dengan NYONTEK. Maksudnya kita harus belajar dari orang yang terbaik. Belajar dari mereka yang punya prestasi, kita tiru pakai sistem ATM (Amati,tiru dan modifikasi) bandingkan satu dengan yang lain kemudian modifikasi.
  2. Mempunyai itekat yang selalu ingin maju. Tunjukkan  pada atasan dan tanya, pak apa yang bisa saya pelajari lagi supaya bisa berkontribusi terhadap perusahaan ini. Dengan begitu hidup anda juga akan lebih baik dan atasan akan menilai bahwa anda orang yang semangat mau maju.

3. Berperilaku Menyenangkan

Berprilaku menyenangkan adalah:

Mempunyai Tatakrama. Mempunyai penampilan yang sesuai, berpakaian rapi,wangi,tidak bau badan, tidak bau mulut dll. Menyampaikan dengan santun kalau memberikan usulan dan kalau anda tidak setuju pada sesuatu. sampaikan dengan nada dan ucapan yang santun sehingga kata2 anda bisa diterima dengan menyenangkan bagi orang lain

Inisiatif menyelesaikan masalah. Ketika perusahaan anda atau atasan anda mempunyai masalah,anda harus inifiatif memberikan solusi dengan segera meskipun anda tidak dimintai solusi. Jangan menjadi karyawan yang pasif dan tidak peduli dengan perusahaan dan sekitar.  Sampaikan gagasan penyelesaian masalah yang santun dan jitu.

Lingkaran Malaikat. Maksudnya apabila terjadi susuatu hal yang tidak diharapkan, kita harus bersikap seperti malaikat. Jangan kebalikannya yaitu seperti setan. Contohnya begini kalau suatu hari anda terlambat masuk kerja, anda pasti akan di marahi atasan. Padahal anda terlambat itu karena lembur menyelesaikan tugas kantor,demi kantor dll. Pada saat anda diposisi tersebut karena anda salah dimata atasan, anda harus bersikap positif menerima. Jangan sebaliknya,ngotot,protes dll,itu lingkaran setan. Tunjukkan dan berikan komitmen bahwa besok tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

4. Dikenal Oleh orang yang tepat.

Percuma kalau kita mempunyai kelebihan yang begitu dahsyat, punya nilai tambah,bisa dipercaya dan berprilaku yang menyenangkan tetapi yang tau hanya satpam saja. Anda hanya akan medapatkan kata “ya hebat” anda tidak akan bisa naik gaji dan anda tidak akan di promosi. Anda lebih baik kalau bisa di kenal banyak orang tidak hanya orang dan atasan dalam 1 kantor. Nasib kita akan berubah oleh siapa yang kenal kita. Karena kita harus memilih kuda tunggang. Kalau kuda tunggang anda adalah orang hebat yang melejit,itu adalah orang yang tepat. Anda akan di bawa kemanapun mereka pergi dan anda akan di promosikan dengan cepat.

Strategi lain untuk meniakkan gaji,

Kenali tipe atasan,kalau atasan kita dinamis beda dengan yang tipe monoton. Kalau atas anda dinamis, misalnya atasan anda jago di bidang marketing, maka anda harus jago juga di bidang marketing. Samai keahliannya. Karena orang itu akan memilih pengganti yang cenderung mirip dengan dia. Kalau atasan anda typenya monoton, tidak mau maju,takut di kudeta jangan samai keahliannya. Lengkapi keahlian yang belum di miliki atasan anda.

Dengan memiliki ke 4 unsur tersebut,anda pasti akan menjadi orang yang mempunyai pemikiran maju,dinamis dan profesional. Dengan begitu atasan anda akan menilai diri anda. Kesempatan karir dan kenaikan gaji akan terbuka lebar. Good luck.

Advertisements